​Dispora Kembali Gelar PWM Festival III 2014

music
PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Payakumbuh World Music Festival III/2014, kembali akan digelar Dinas Pariwista Pemuda dan Olahraga Payakumbuh. Gelar musik dunia ini akan berlangsung di pelataran parkir Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, selama tiga hari, 6-8 November 2014. Iven berskala internasional ini akan dibuka Walikota Riza Falepi, Kamis (6/11) malam.

Advertisements

Kepala Dinas Pariwista Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Syahnadel Khairi, di Balaikota Payakumbuh, Selasa (4/11), menginformasikan, grup musik negara luar yang telah memastikan ambil bagian dalam Payakumbuh World Music Festival III/2014 itu, Noriko Koide (Jepang), Honnah Marie Standiford (Amerika), Paolo Rossi (Itali) dan Pahanthi Hage Dilhart (Srilangka).

Selain itu dari dalam negeri, akan hadir pemusik-pemusik ternama dari Jakarta, Jambi, Bengkulu, Subang (Jabar), Medan, Riau, serta dari beberapa kota/kabupaten di Sumatera Barat. Ajang musik kelas dunia ini, dikatakan, sebagai salah satu sarana menarik kunjungan wisata ke Payakumbuh, selain menggairahkan dunia permusikan di Sumatera Barat dan Luak Limopuluah.

Didampingi panitia pelaksana Hadiatul Rahmat, Syahnadel Khairi, mengungkapkan, Payakumbuh World Music Festival III ini, sangat besar manfaatnya untuk memperkenalkan Payakumbuh ke mata dunia. Peranan pers dan media sosial, sangat punya andil untuk mempromosikan kota ini, sehingga iven tahunan dalam rangka memperingati HUT Kota Payakumbuh ke-44 ini makin dikenal luas.

Pagelaran tahun ini, ditambahkan Syahnadel, akan labih baik dari tahun sebelumnya. Berbagai kelemahan tahun lalu akan dievaluasi, untuk diperbaiki. “Persiapannya sudah cukup panjang dan sejumlah masukan dari berbagai pihak, seperti dari Dewan Kesenian Kota Payakumbuh, di bawah pimpinan Iyut Fitra, menjadi rujukan untuk menggelar festival musik ini.
Gelar pertama, Kamis (6/11), akan menampilkan lima grup musik, yaitu Darak Badarak (Pariaman), Pahanthi Hage Dilhart (Srilangka), Niroko Koide (Jepang), Tanah Pilih (Jambi) dan BS Bengcoleen Percusion (Bengkulu). Hari kedua, Jum’at (7/11), juga lima grup, masing-masing Gempur Sentosa (Subang), Brevin Tarigan (Medan), Badano Ethnie Project (Riau) dan Saiyo (Bukittinggi).

Sedangkan, di hari terakhir, Sabtu (8/11), menampilkan lima grup, terdiri dari Kelompok Kreatif UNP (Padang), Palolo Rossi (Itali), Honnah Marie Standiford (Amerika), Cress Music School (Payakumbuh) dan Hari Taledo (Jakarta).(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*