​Pertumbuhan Aset Bank di Sumbar 9 Persen Pertahun

Ketua DPRD Payakumbuh H Wilman Singkuan DT Parpatiah SSos MM bersama Dirut Bank Nagari, Suryadi Asmi DT Rajo Nan Sati SE MM.

Ketua DPRD Payakumbuh H Wilman Singkuan DT Parpatiah SSos MM bersama Dirut Bank Nagari, Suryadi Asmi DT Rajo Nan Sati SE MM.

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com – Wakil Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat, Bob Astian, menyebut sampai kini di Sumatera Barat pertumbuhan aset bank sudah mencapai 9 persen pertahun. Tentu saja ini mengembirakan bagi Indutri perbankan di Sumatera Barat.

“Untuk Sumbar sudah Rp28,9 triliun dana perbankan yang dihimpun dari masyarakat. Rp. 38,7 triliun kredit yang sudah disalurkan perbankan kepada masyarakat. Di Sumbar pertumbuhan aset perbankan mencapai 9 persen pertahun,” ungkap Bob Astian, saat menyampaikan sambutan pada Peresmian Gedung Cabang Pembantu (Capem) Bank Nagari di Pasar Ibuah, Kota Payakumbuh, Selasa (19/8).

Hadir pada kesempatan itu Direktur Bank Nagari Sumatera Barat, Suryadi Azmi, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Ketua DPRD Payakumbuh Wilman Singkuan, Ketua TP-PKK Payakumbuh, Heny Riza Falepi, dan Ketua Dharma Wanita Ny Rashida Suwandel Muchtar, serta Dirut Bank Nagari Kota Payakumbuh Edrizanof, dan nasabah serta masyarakat dan undangan lainnya se- Kota Payakumbuh.

Dikatakan Bob Astian, untuk Kota Payakumbuh sendiri dana yang terhimpun dari masyarakat untuk perbankan sudah mencapai Rp1,3 trilun, dan itu merupakan kota ketiga terbanyak di Sumatera Barat setelah Kota Padang dan Bukittinggi.

“Potensi yang harus digarap oleh indutri perbankan masih sangat besar. Kalau Dirut Bank Nagari tadi mengatakan marketshare Bank Nagari baru 30 persen, kita tantang ke depan bisa menguasai sampai 60 persen, kalau begitu berarti Bank Nagari sudah menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” sebutnya.

Sedangkan Direktur Bank Nagari Sumatera Barat, Suryadi Azmi, mengakui dengan diresmikannya gedung Capem di Pasar Ibuah Kota Payakumbuh itu, berarti sudah yang ke 99 gedung refresentatif milik Bank Nagari di Sumatera Barat.

“Kita sudah memiliki jaringan 300 se-Indonesia apakah itu kantor, otomobil, dan kasmobil yang melayani masyarakat dari pasar ke pasar rakyat di Sumatera Barat,” jelas Suryadi Asmi Datuak Rajo Nan Sati.

Gedung dua lantai yang dibangun dengan dana Rp2,8 miliar itu diperkirakan dapat melayani masyarakat Payakumbuh sampai 30 tahun mendatang.

“Payakumbuh kota perdagangan, pendidikan dan jasa. Jadi kita terus secara bertahap memberikan pelayanan yang aman, nyaman dan baik kepada masyarakat,” janji Suryadi Asmi.

Disebutkannya, untuk Kota Payakumbuh sudah Rp1 triliun jumlah aset Bank Nagari. Sedangkan untuk Sumatera Barat Bank Nagari sudah menyalurkan sebanyak Rp12, 7 triliun untuk UMKM, mengingat di Sumbar 98 persen masyarakat pelaku UMKM.

“Dalam menggerakkan usaha rakyat, mulai dari kredit KUR, KUPS, KPUM dan sektor yang menyentuh usaha masyarakat yang sejalan dengan apa yang diharapkan gubernur Sumbar,” sebutnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, berharap ke depan Bank Nagari terus memberikan pelayanan kepada masyarakat Sumatera Barat.

“Ke depan kita berharap Bank Nagari bisa jemput bola kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan. Dan teruslah memberikan kemudahan-kemudahan usaha bagi pelaku UMKM, pertanian dan peternakan di Sumatera Barat,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, berharap dengan dibangunnya kantor cabang pembantu Bank Nagari, ke depan akan semakin mudah dijangkau dan diakses oleh masyarakat Kota.

“Kita berterimakasih Bank Nagari terus mempersembahkan yang terbaik untuk melayani masyarakat kita dari sistem perbankan,” sebut Walikota yang teknokrat itu. (malin)