Abdul Shomad Hadir Di Padang Pariaman

Padang-today.com____Jika tidak ada aral melintang, hari ini Senin (21/1) da’i kondang nasional Ustad H Abdul Shomad dijadwalkan bakal tampil di hadapan jamaah tepatnya di Lapangan Sepak Bola Gempar Nagari Pauah Kamba.

Terkait hal itu, Bupati Padang Pariaman, Drs H Ali Mukhni mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Ustad UAS di daerah itu.

“Untuk itu kita tentu juga tak lupa mengimbau kepada masyarakat untuk bisa datang beramai-ramai menyaksikan langsung kegiatan tabligh akbar oleh Ustad H. Abdul Shomad di Nagari Pauah Kamba,” kata Bupati H Ali Mukhni.

Ia menyatakan keyakinannya, bahwa sebagaimana biasa, kegiatan tabligh Ustad UAS biasanya selalu dipadati puluhan ribu jamaah, demikian pula halnya kegiatan tabligh akbar yang digelar di Nagari Pauah Kambar pada hari Senin ini.

“Karena kalau penceramahnya Ustad H Abdul Shomad, biasanya diberitahu atau tidak, kalau masyarakat sudah mengetahui, maka mereka akan datang dengan sendirinya,” ungkapnya optimis.

Namun demikian pihaknya juga tak luput berharap agar pelaksanaan tabligh akbar bisa berlangsung aman dan tertib, begitu pula kepada para jamaah yang hadir juga diharapkan bisa mendapatkan pencerahan rohani dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah, SWT.

Ia menyebutkan, sesuai dengan hasil pembicaraannya dengan Wali Nagari Pauah Kambar, M Nur, yang juga mantan Ketua Forum Walinm Nagari Padang Pariaman, pihaknya dari Pemkab Padang Pariaman juga telah berencana akan mendatangkan Ustad UAS saat peresmian Masjid Raya Padang Pariaman yang terletak di Nagari Parit Malintang.

Sesuai dengan perencanaan, kehadiran Ustad UAS dijadwalkan sekitar tanggal 15 Agustus 2019 mendatang.

“Direncanakan acara tersebut nantinya akan dihadiri sekitar dua puluhan ribu jamaah, dan melihat luasnya lokasi yang ada di sekitar Kompleks Kantor Bupati ini, kita optimis jika nantinya, pekarangan di sekitar Kantor Bupati ini nantinya bakal bisa menampung jamaah sebanyak itu,” terangnya.

Hal itu lanjutnya juga didukung pula fasilitas parkir yang juga terbilang cukup memadai.

Di pihak lain, seperti ditegaskan Wali Nagari Pauah Kamba, M Nur, secara umum pihaknya dari panitia telah menyiapkan secara maksimal dalam rangka menyambut kedatangan Ustad H Abdul Shomad di Nagari Pauah Kamba.

Menurutnya, kehadiran Ustad H Abdul Shomad nantinya sekalian akan meresmikan Pusat Kajian Mazhab Syafi’i yang ada di Nagari Pauah Kamba, yang dipimpin oleh Ustad Jel Fatullah.

“Diperkirakan jumlah jamaah yang akan hadir bisa mencapai 30 ribu lebih. Bahkan sejumlah perantau Nagari Pauah Kamba juga telah mengkonfirmasi kehadirannya dalam acara tersebut, terutama perantau yang tinggal di Jabodetabek, Medan serta sejumlah daerah lainnya,” terangnya.

Makanya untuk kelancaran jalannya acara, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian serta unsur TNI, sehingga jalannya acara diharapkan bisa berjalan aman dan lancar.

“Yang jelas untuk persiapan panitia sampai saat ini bisa dikatakan sudah sangat maksimal,” terangnya.

M Nur juga menyebutkan, pihaknya menghadirkan Ustad UAS juga tidak terlepas dari komitmen Pemerintahan Nagari Pauah Kamba yang saat ini sedang giat-giatnya meningkatkan pembangunan di segala bidang.

Tidak terkecuali diantaranya pembangunan bidang mental spiritual atau bidang keagamaan.

“Karena kalau kesadaran mental dan kesadaraan keagamaan masyarakatnya telah bagus, maka tentunya kita juga akan semakin mudah mengarahkan masyarakat untuk membangun bidang lainnya. Makanya kita dari pemerintah Nagari Pauah Kamba sangat komit meningkatkan pembangunan bidang keagamaan di daerah ini,” terangnya.

Maraknya kegiatan keagamaan di Nagari Pauah Kamba sebut M Nur, antara lain bisa terlihat dengan aktifnya kegiatan wirid pengajian, majelis taklim hingga wirid remaja di daerah ini.

Begitu pula kehadiran Pondok Tahfiz yang menampung ratusan anak-anak usai sekolah yang ada di Nagari Pauah Kamba.

Di pihak lain, Ketua Pusat Kajian Mazhab Syafii Ustad Jel Fatullah menyebutkan, acara tabligh akbar tersebut nantinya juga akan mengundang sekitar 50 an Tuanku yang ada di Padang Pariaman.

“Sesuai scedul yang ada, acaranya nanti akan berlangsung selama dua jam, yang dmulai sekitar pukul 16.00 WIB, atau ba’da shalat Ashar,” terangnya.

Untuk itulah, Ustad Jel Fatullah yang juga sama-sama jebolan Universitas Al Azhar dengan Ustad UAS ini tak lupa mengingatkan para jamaah yang akan hadir agar sebaiknya menjamak shalat di rumah masing-masing.

“Karena kalau melihat perkiraan besarnya jumlah jamaah yang akan hadir, hal itu jelas tidak bakal bisa tertampung di masjid yang ada di sekitar lokasi acara. Karena itu kita mengimbau para jamaah, sebaiknya shalatnya dijamak saja di rumah masing-masing, karena berdasarkan dalil yang ada hal itu boleh dilakukan,” terangnya.

Terkait kehadiran Pusat Kajian Mazhab Syafii yang ada di Nagari Pauah Kamba, Ustad Jel Fatullah menegaskan tekadnya ke depan untuk menjadikan mazhab Syafii sebagai pemersatu bagi seluruh aliran yang ada di Kabupaten Padang Pariaman ke depannya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas