1 Ranperda Dikembalikan ke Pemko, 2 Lainnya Disetujui jadi Perda

Payakumbuh, Padang-Today.com-8 Fraksi DPRD Kota Payakumbuh menyetujui 2 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari 3 Ranperda yang diajukan Pemerintah Kota payakumbuh menjadi Perda, Rabu (23/5) pagi.

Sedangkan 1 Ranperda usulan lainnya dikembalikan DPRD kepada Pemko Payakumbuh untuk disempurnakan.

2 Ranperda yang disetujui menjadi Perda tersebut merupakan Ranperda tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Ranperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pemberian Izin Gangguan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Perumahan Atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pemberian Izin Gangguan untuk dijadikan Perda.

Ranperda yang dikembalikan kepada Pemko untuk disempurnakan tersebut tentang Organ dan kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum Kota Payakumbuh.

Paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Payakumbuh, Yendri Bodra Dt. Parmato Alam dan Wakil Ketua DPRD, Suparman dan dihadiri Wakil Walikota Erwin Yunaz, Forkopimda, seluruh OPD, tokoh masyarakat, Ormas, BUMD dan tokoh partai politik.

Menurut Juru Bicara DPRD Payakumbuh, Nasrul tentang pembahas Ranperda, DPRD sudah melakukan Pembicaraan Tingkat I yang telah berlangsung sejak tanggal 17 Februari sampai tanggal 23 Maret 2018. Pembicaraan Tingkat I khususnya Rapat Kerja Pansus I dan Pansus II DPRD Kota Payakumbuh dengan Tim Ranperda Kota Payakumbuh berjalan cukup lancar dan serius.

Dikatakannya, Pansus DPRD Kota Payakumbuh telah melakukan pembahasan terhadap 3 buah Ranperda dengan kegiatan berupa rapat-rapat kerja dengan Tim Ranperda Kota Payakumbuh, hearing, kunjungan kerja dan konsultasi ke tingkat pusat demi kesempurnaan Ranperda tersebut.

Sementara itu Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz dalam sambutannya dalam Rapat Paripurna DPRD terhadap Pengambilan Keputusan terhadap 3 buah Ranperda untuk ditetapkan menjadi Perda memutuskan bahwa, persetujuan dua Ranperda menjadi Perda merupakan bukti nyata kesungguhan antara eksekutif dengan legislatif untuk melaksanakan tugas dan fungsinya masing masing secara maksimal.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas