10 Caleg Lulus CPNS, 4 Caleg Meninggal Dunia

 

   Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar mencatat ada 10 orang calon legislatif (caleg) berbagai parpol dinyatakan lolos Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tersebar di 8 kabupaten/kota Provinsi Sumbar.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan kalau pihaknya mendapat laporan sementara, ada beberapa caleg lulus CPNS. Maka dari itu, mereka langsung meminta agar seluruh KPU kabupaten kota mendata kembali bila ada caleg lainnya yang lulus CPNS.

    “Dari laporan sementara itu, tercatat 10 orang caleg lulus CPNS tersebar beberapa kabupaten/kota di Sumbar. Tapi, nanti masih di cek kembali,” ungkapnya.

    KPU segera menindaklanjuti terhadap 10 caleg yang lulus CPNS tersebut. Sebab, Undang-undang ASN dan Undang-undang Pemilu memiliki aturan yang jelas. Amnasmen menerangkan, mereka lulus di CPNS syaratnya tentu tidak boleh sebagai anggota parpol.Tentunya juga mesti mengajukan pemberhentian/mundur sebagai anggota parpol. Dengan begitu mereka tidak lagi memenuhi syarat sebagai caleg lagi

    Langkah diambil saat ini dimana meminta parpol masing caleg lulus CPNS membuat surat resmi kepada KPU. Termasuk menyerahkan dokumen dokumen lainnya yang terkait caleg tersebut,”jelasnya.

Sementara itu Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumbar Agus Catur Rianto memberikan data bahwa 10 caleg yang lulus CPNS itu berasal dari beberapa partai, dan mereka itu tersebar di sejumlah kabupaten/ kota Sumbar.

    Dari data KPU Sumbar terkait 10 orang caleg tersebut yakni satu orang dari Kota Payakumbuh, dua orang dari Kabupaten Pesisir Selatan, satu orang di Kota Solok, satu orang di Kota Pariaman.

    “Lalu dua orang caleg dari Kota Bukittinggi, satu orang di Kabupaten Padangpariaman, satu orang di Kota Padang dan satu orang di Kabupaten Kepulauan Mentawai,”katanya.

    Disis lain Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryani membenarkan ada 10 caleg berbagai parpol tersebar 8 kabupaten/kota di Sumbar dinyatakan lulus tes CPNS.

“Data tersebut merupakan laporan dari KPU kabupaten/kota di Sumbar,”katanya.

Selain itu tambah Izwaryani juga tercatat empat orang caleg meninggal dunia, dan dua orang caleg divonis majalis hakim yakni satu orang dengan hukuman 6 bulan penjara, satu divonis hukuman 1 tahun dua bulan penjara.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas