144 Peserta dari 7 Negara berlomba di Pariaman Triathlon 2017

wawako genius umar mengangkat bendera tanda dimulainya start triatlon kelas sprint distance pada pariaman triathlon 2017

Kota Pariaman, Padang-today.com__Untuk kali ke 4, gelaran Pariaman Triathlon 2017 dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, yang diadakan mulai tanggal 2 – 3 Desember 2017, bertempat di Pantai Kata, Taluak, Sabtu 2-12-2017.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan bahwa event Pariaman Triathlon adalah event sport tourism bertaraf internasional yang sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi penggila olahraga Triathlon dari seluruh indonesia dan mancanegara ini.

“Dengan adanya event Pariaman Triathlon ini, kita harapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik nasional maupun mancanegara, yang datang beserta keluarganya, untuk mengikuti ajang tahunan yang kita gelar ini,” kata dia.

Hal ini, jelas Mukhlis, dapat dilihat dari tingkat hunian hotel yang ada di kota pariaman yang penuh, selama pelaksanaan Pariaman Triathlon 2017, dan mereka sudah datang dari tanggal 30 November yang lalu, ujarnya menambahi.

“Tahun 2017 ini, kita kota pariaman, telah mempunyai atlet triathlon, yang tergabung dalam Pariaman Triathlon Tim, yang akan berlomba hari ini, baik Triathlon maupun Duathlon, yang menjadi pemanasan bagi mereka nantinya, untuk bertanding di event triathlon berikutnya,” kata dia.

Ia mengatakan, Pariaman Triathlon 2017, diikuti sebanyak 144 peserta dari 7 negara, yaitu dari Prancis, New Zealand, Hunggaria, Jepang, Spanyol, Portugal dan Indonesia, baik yang mengikuti Triathlon dan Duathlon.

Pada hari sabtu, kata dia, diperlombakan beberapa kelas Triathlon, yaitu kelas Sprint Distance dan Olimpic Distance per kelompok umur, serta Duathlon umum. Sedangkan untuk hari minggunya akan diperlombakan kelas Duathlon pelajar.

Menurutnya, Triathlon merupakan olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga sekaligus, yaitu renang, lari dan bersepeda. Untuk kelas Olimpic Distance, berenang sejauh 1500 meter, bersepeda 40 kilometer dan berlari 10 kilometer, dan untuk kelas Sprint Distance, berenang sejauh 750 meter dan dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 20 kilometer dan berlari sejauh 5 kilometer.

Sedangkan untuk Duathlon, tambah Mukhlis,  lari sepanjang 5 kilometer, dilanjutkan dengan bersepeda 20 kilometer dan kembali berlari sampai garis finish 5 kilometer lagi.

Ia menambahkan, untuk Pemenang Kelas Olimpic Distance Putra, Keluar sebagai Juara pertama Andy Wibowo, sukses menjadi yang tercepat, dengan mencatatkan waktu 1 jam 55 menit, kemudian disusul oleh Muhammad Taufik sebagai juara kedua dengan perolehan waktu 2 jam 5 menit 2 detik dan peringkat tiga diraih oleh Alberd dengan catatan waktu 2 jam 6 menit 2 detik.

Kelas Olimpic Distance Putri, lanjut Mukhlis, juara pertama direbut oleh Rosanna Bille dengan perolehan waktu 2 jam 13 menit 43 detik, disusul peringkat kedua oleh atlet asal Pariaman Eva Desiana dengan catatan waktu 2 jam 16 menit 34 detik dan posisi ketiga disabet oleh atlet Inge Prasetyo dengan catatan waktu 2 jam 21 menit 58 detik.

Ia melanjutkan, untuk kelas Sprint Distance Putra, peringkat pertama disabet oleh Andi Gumilang dengan catatan waktu 1 jam 1 menit 32 detik, disusul di peringkat dua oleh Rori Satria Putra dengan perolehan waktu 1 jam 2 menit 11 detik, dan peringkat ketiga oleh Hari Rohman dengan catatan waktu 1 jam 2 menit 34 detik.

Kemudian, untuk kelas Sprint Distance Putri, peringkat pertama disabet oleh Sarah Virginia dengan catatan waktu 1 jam 11 menit 2 detik, kemudian disusul Tara Kumari Subba menduduki posisi dua dengan perolehan waktu 1 jam 15 menit 12 detik, dan diperingkat tiga diraih oleh Luthfilah Reindra Madjid dengan raihan waktu 1 jam 17 menit 1 detik.

Di kelas Duathlon, keluar sebagai pemuncak Putra, Ridwan yang sukses membukukan catatan waktu 1 jam, 6 menit 38 detik, disusul di tempat kedua oleh Rori Satria Putra selisih 1 menit 38 detik dan ditempat ketiga oleh Rahmat Azwar yang mencatatkan waktu 1 jam 9 menit 24 detik.

Untuk kelas Duatlon Putri dengan catatan waktu 1 jam 40 menit 2 detik, dimenangkan oleh Tara Kumari Subba, satu-satunya peserta duathlon putri yang turut di kelas ini. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*