157 Pedagang Pasar Syarikat Batusangkar Segera Direlokasi

Pasar Bawah Batusangkar, lokasi pelaksanaan proyek pembangunan Pasar Pedesaan.

Pasar Bawah Batusangkar, lokasi pelaksanaan proyek pembangunan Pasar Pedesaan.

Batusangkar, PADANGTODAY.com – Sebanyak 157 pedagang Pasar Syarikat yang berjualan di kios mini daerah pasar bawah Batusangkar akan di relokasi ke tempat yang baru, yakni di daerah Pasar Atas Batusangkar.

Proses relokasi para pedagang ini berlangsung lebih kurang selama 3 bulan. Hal ini berkaitan dengan telah selesainya proses tender proyek pengerjaan pembangunan pasar pedesaan dengan nilai Rp 1,7 milyar yang dananya berasal dari DAK dan DAU Kementerian perdagangan RI, dengan di tetapkannya CV. Maju Mapan sebagai pemenang.

Setelah melalui proses yang alot antara pedagang, kontraktor pemenang tender dan pemerintah dalam hal ini Dinas Koperindagpastam Kabupaten Tanahdatar, mengenai rencana pengerjaan pembangunan ini, maka atas kesepakatan yang di dapat, Rabu (3/9), pedagang bersedia pindah ketempat sementara di daerah Pasar atas dengan persyaratan CV. Maju Mapan sebagai pemenang tender harus menyiapkan lapak-lapak sementara di daerah Pasar Atas yang berlokasi seputaran Masjid Ihsan Batusangkar.

Diperkirakan jika tempat penampungan untuk berjualan telah selesai dikerjakan kontraktor, Kamis (11/09), pedagang telah menempati lokasi berjualan.

Saat ditemui tim PADANGTODAY.com, Kamis (4/9), Sekretaris Dinas Koperindagpastam (Koperasi, perindustrian, perdagangan, Pasar dan Pertambangan) Kabupaten Tanahdatar Syafril ABD, mengatakan pembangunan ini adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan khususnya pedagang dan menciptakan tempat yang bersih, indah, tertata dan nyaman bagi masyarakat.

“Terutama bagi pembeli nantinya yang akan berbelanja di pasar tradisional ini untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan lain sebagainya. Mereka bisa nyaman dan tertib,” ujar Syafril.

Sementara itu, salah seorang pedagang mini kios Pasar Bawah, Mortial, yang juga merupakan ketua kelompok 2 dari pedagang Pasar Serikat mengatakan bahwa sesuai dengan perjanjian, Rabu (3/9), para pedagang sepakat untuk pindah ke pasar atas, demi untuk pelaksanaan pembangunan proyek ini.

“Kami berharap kepada dinas terkait dan kontraktor khususnya mudah-mudahan pelaksanaan pembangunan ini dapat membuat pasar bawah ini menjadi lebih bersih, indah dan tertata. Semoga hal ini sesuai dengan harapan kita bersama. (romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas