2 Pansus DPRD Kerja Keras, Bahas Pasal Demi Pasal Tata Tertib dan Kode Etik DPRD

AHMAD-RIDHAALEX-WIJAYA
PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Dua minggu sejak dilantik, anggota DPRD Kota Payakumbuh terus mengadakan rapat-rapat  dengan  membahas dua agenda yakni pansus tata terib dan pansus kode etik dewan. Kegiatan yang dilakukan 25 anggota DPRD dengan penuh semangat itu dipandu Sekwan Drs H Atur Satria.

Advertisements

Ketua Sementara DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra Dt Parmato Alam didampingi Wakil Ketua Suparman, kepada koran ini, di ruang kerjanya, Rabu (17/9), mengatakan, dewan saat ini bekerja sedang melakukan pembahasan dua agenda. Mudahan-mudahan dalam waktu sesingkat-singkatnya dua agenda itu selesai dilaksanakan.

“Kita yakin, melihat kinerja dewan yang penuh semangat ini, proses tahapan pembahasan pasal demi pasal yang mengacu kepada Undang-undang No.17 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah No. 16 tahun 2010 tentang MD3 ini berjalan dengan baik sesuai dengan harapan,“ tegas YB. Dt. Parmato Alam.

Dengan selesainya pembahasan dua pansus ini, kita akan melangkah lagi kepada jadwal berikutnya dengan agenda pelantikan pimpinan defenitif dan agenda-agenda lainya. Untuk saat ini, proses pimpinan defenitif sedang berjalan.

“Harapan kita, dan untuk kita bersama, semoga kinerja dewan dalam pembahasan pansus tatib dan pansus kode etik ini rampung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Karena proses alat kelangkapan dewan masih banyak yang harus kita lengkapi lagi, “harap YB. Dt. Parmato Alam.

Sementara, Sekwan Atur Satria kepada koran ini, menyebutkan, terhadap 3 rencana pimpinan dewan defenitif itu, secara administrasi 2 partai pemenang yakni Partai Golkar dan PKS sudah memasukkan surat kepada sekretariat, sedangkan 1 partai pemenang lagi yakni Partai Demokrat sedang dalam proses.

Tiga rencana pimpinan dewan itu, mengajukan surat kepada Sekretariat DPRD berpedoman kepada undang-undang yang berlaku partai pemenang pemilu. Surat yang masuk ke sekretariat DPRD Kota Payakumbuh baru dua partai, diantaranya Partai Golkar mengusulkan YB. Dt. Parmato Alam sebagai ketua dan Suparman dari PKS sebagai wakil ketua.

“Dengan selesainya pembahasan pansus tatib dan pansus kode etik, kita akan melangkah lagi proses pimpinan defenitf, sekaligus pembentukan alat kelengkapan DPRD, seperti pembentukan komisi-komisi dan badan-badan. Kemudian,  minggu depan untuk jabatan wakil ketua dari partai Demokrat sudah masuk ke sekretariat,“ harap Sekwan.

LUAR DAERAH

Kerja Pansus DPRD mulai akan bekerja berkonsultasi dan membandingkan ke luar daerah. Dimulai dari Pansus II tentang Kode Etik, Rabu hingga Jumat (17-19/9) berkunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Pasaman dan DPRD Kota Padang Panjang. Dilanjutkan Minggu sampai Selasa (21-23/9) Pansus I tentang Tata Tertib berkunjungan kerja ke DPRD Kota Padang dan DPRD Kabupaten Solok.

Setelah itu, Selasa sampai Sabtu (23-27/9) Pansus I untuk pertama kalinya menyentuh pulau Jawa dengan berangkat Konsultasi Pansus I ke tingkat pusat ke Biro Hukum dan Ditjen Otda Kemendagri dan DPRD Bekasi Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya, Pansus II Selasa hingga Sabtu juga menginjak tanah Jawa dengan melakukan Konsultasi Pansus II ke tingkat pusat ke Kemendagri dan Kemenkum HAM RI.

Setelah merangkai, membahas, dan merangkum, serta menyimpulkan, maka akan dilakukan rapat penyampaian laporan masing-masing Pansus hasil pembahasan di Senin (13/10) mendatang.

Untuk Pansus I YB. Dt. Parmato sebagai Pembina, ketua Maharnis Zul sebagai ketua, wakil ketua Basril Latief, Edwar Df sebagai Sekretaris. Anggota terdiri dari Wulan Denura, Wilman Singkuan, Adi Suryatama, Nasrul, Alhudri, Aribus Madri, Chandra Setipon, Hurisna Jamhur, Ahmad Ridho, Alex Wijaya dan Fitrial Bachri.

Pansus 2 Kode Etik Dewan terdiri 10 anggota yakni Suparman sebagai Pembina, ketua dipercayakan kepada Marhidayandi, wakil ketua  Ridwan dan sekretaris Syafrizal. Anggota terdiri dari Hendri Wanto, Heri Iswandi, Ahmad Zifal, Yanuar Gazali, Ismet Harius, Mawi Etek Arianto.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*