2024, Seluruh Mentawai Terpasang PLTBm

 

    Padang-today.com –  Seluruh Kabupaten Kepulauan Mentawai ditargetkan tahun 2024 sudah dialiri pembangkit listrik biomassa.

    “Sekarang ini baru tiga desa di Mentawai, kita targetkan seluruhnya listrik masyarakat dialiri listrik bahan bakar bambu,”kata Kepala Bappeda Mentawai, Naslindo Sirait.

    Menurut dia, tujuh desa lagi bakal dibangun PLTBm di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

    “Pohon bambu sebagai pembangkit listrik telah didukung dengan ketersediaan pasokan bahan baku. Pihaknya telah menyiapkan bibit bambu untuk lahan sekitar 43 ribu hektar.

   “Bambu menghasilkan gas metan untuk menggerakkan pembangkit. Untuk ketersediaan pasokan, sudah dipersiapkan sekitar 43 ribu hektar lahan dan bibit disediakan oleh pemerintah daerah,” terang Naslindo.

Dia menambahkan, pohon bambu yang ditanam oleh masyarakat ini nantinya akan dibeli sehingga menjadi sumber ekonomi baru. Dengan harga pohon bambu Rp700 per kilo, menurutnya, setidaknya bisa menutupi biaya listrik yang dipakai. Naslindo menyebut, harga listrik dijual Rp400/ kwh melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN)

    Sementara itu GM PLN Wilayah Sumbar, Bambang Dwiyanto menyatakan, sekarang sudah terbangun tiga PLTBm di Mentawai.

    “Dalam waktu dekat akan dibangun lagi tiga pembangkit listrik biomassa bahan bakar bambu,”kata dia.

  Tempat terpisah Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Energi Kelistrikan Kadin Sumbar Jonedi menyatakan KADIN Sumbar sangat mendukung apa dilakukan Pemkab.Mentawai.

“Inovasi ini cukup bagus dikembangkan di Mentawai, Kadin Sumbar siap mendukung, dengan ketentuan regulasi yang jelas, baik perizinan maupun yang lainnya,”kata dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas