ilustrasi alpukat

ilustrasi alpukat

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Tuntutan kerja yang tinggi dan kurangnya waktu untuk berlibur bisa membuat seseorang jenuh dengan rutinitasnya. Alih-ali mengonsumsi makanan tidak sehat, Anda bisa melawan stres dengan makanan yang menawarkan berbagai vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Berikut ini enam makanan yang tidak hanya akan memberikan otak Anda dorongan, tetapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, seperti dikutip dari womensbrainhealth.org.

1. Dark Chocolate

Dark chocolate sangat bermanfaat bagi kesehatan otak Anda. Dark chocolate mengandung tirosin, yang terkait dengan peningkatan dopamin. Dopamin memiliki efek langsung pada kesejahteraan emosional Anda, serta merangsang pusat kesenangan di otak. Dark chocolate juga melepaskan endorfin, yang memungkinkan Anda untuk merasakan kebahagiaan. Dalam hal kecemasan, jenis cokelat ini juga mampu mengurangi kadar kortisol, hormon yang membuat orang merasa stres.

2. Kenari

Kacang-kacangan merupakan sumber yang menakjubkan dari asam lemak omega-3, antioksidan, dan protein. Semua ini sangat penting untuk fungsi otak yang sehat. Asam lemak omega-3, khususnya EPA dan DHA, dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Seperti disebutkan, triptofan sangat penting untuk sintesis serotonin. Kenari yang dikemas dengan triptofan, secara tidak langsung mampu meningkatkan kadar serotonin. Ketika kadar serotonin meningkat di dalam tubuh, Anda akan merasa lebih santai, tenang, dan bahagia.

3. Alpukat

Alpukat merupakan sumber triptofan, yang dapat meningkatkan relaksasi. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam alpukat juga diyakini mengurangi kematian sel yang dapat memicu depresi. Alpukat juga tinggi protein, yang mampu memicu produksi dopamin. Ketika seseorang mengalami depresi, tubuhnya diketahui mengalami kekurangan vitamin B-6.

Jika Anda berada di bawah usia 50, Anda harus mengonsumsi sekitar 1,3 mg vitamin B-6 setiap hari. Setelah Anda menjadi lebih tua, jumlah tersebut meningkat menjadi sekitar 1,5 mg untuk wanita dan 1,7 mg untuk pria.

4. Bayam

Sayuran hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayuran hijau dikemas dengan banyak vitamin dan mineral. Bayam mengandung banyak magnesium, yang merupakan salah satu mineral terbaik untuk melawan kecemasan. Senyawa tersebut dapat membantu mempertahankan tingkat kortisol di tubuh. Bayam juga kaya akan vitamin C, yang diperlukan untuk mengubah triptofan menjadi serotonin.

5. Ikan

Ikan disebut sebagai makanan otak, sehingga tidak mengherankan bahwa ikan juga dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood. Selain dapat meningkatkan fungsi kognitif, ikan juga dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan mood. Ikan juga mengandung banyak asam lemak omega-3. Rendahnya tingkat asam lemak esensial dalam tubuh telah dikaitkan dengan munculnya perasaan depresi. Ikan juga merupakan sumber lain dari triptofan.

6. Telur

Telur kaya akan vitamin B, dan vitamin ini sangat penting untuk mengurangi keparahan gejala depresi.

Inilah enam makanan yang tidak hanya akan memberikan otak Anda dorongan, tetapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

(des/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*