28 Siswa SD Payakumbuh Keracunan Makanan 4 Orang Diinfus, Makanan Diperiksa Ke BPOM Padang

Siswa SDN 13 Payakumbuh sedang ditangani tim medis uasai keracuanan makanan.

Siswa SDN 13 Payakumbuh sedang ditangani tim medis uasai keracuanan makanan.

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-28 orang siswa SD di Payakumbuh keracunan. Mereka mual-mual, muntah, pusing serta gejala keracunan makanan lainnya, timbul saat pagi, Upacara Agama sekolah. Murid-murid SDN 13 Payakumbuh di Kelurahan Aur Kuning Payakumbuh Selatan itu diduga keracunan sebab mengkonsumsi makanan kecil; nasi goring, mie, sosis, dan bakso yang mereka jajani.

Gejala pusing-pusing dan mual-mual siswa kian merebak. 28 orang siswa segera dilarikan ke Puskesmas Padang Karambia. Ada 2 orang siswa yang terpaksa diinfus. Siswa yang keracunan mendapat perawatan intensif dari petugas medis di Puskesmas Padang Karambia, Payakumbuh Selatan.

Kejadian Jumat (28/11), ini semula dirasakan sejumlah murid mengeluhkan sakit perut dan mual, bahkan ada diantara mereka yang muntah. Karena jumlah korban terus bertambah, pihak sekolah memutuskan segera membawa para murid ke Puskesmas terdekat.

”Memang puluhan murid kami diduga mengalami keracunan makanan. Mereka berjumlah 24 orang yang berasal dari kelas 2 hingga kelas 6. Untuk mengantisipasi kemungkinan bertambah parah. Puluhan murid tersebut kami bawa ke Puskesmas,” terang Kepala Sekolah Dasar 13 Irma Ilona di Puskesmas Padang Karambia.
Dari pengakuan, sejumlah murid, mereka mengaku mengkonsumsi, nasi goreng, mie, sosis serta bakso yang dijual di lingkungan sekolah”.

Irma juga menambahkan, semula di sekolah, sejumlah murid tersebut terlihat pucat, mual, sakik perut, pusing dan muntah. Semula hanya berjumlah 6 orang. Namun terus bertambah.

Sementara, dari pantauan di Puskesmas Padang Karambia tempat puluhan murid SD dirawat. Terlihat mereka masih ditangani pihak medis. Bahkan diantara mereka ada yang terpaksa diinfus.
Beberapa orang lainnya, bahkan ada yang tetap tidur karena kondisi mereka masih lemah. Mereka yang lainnya, diberikan air susu putih cair untuk membersihkan lambung.

“Untuk sementara waktu, beberapa orang murid SD kita beri infus. Sedangkan beberapa orang lainnya kita berikan minum susu putih cair untuk membersihkan atau mencuci lambung. Mereka terus kita Observasi/pantau, jika kondisinya tidak memungkinkan segera kita kirim ke RS dr. Adnaan WD Payakumbuh. Dugaan sementara, mereka memang keracunan makanan,” sebut Pimpinan Puskesmas Padang Karambia, dr Fatma Nella.

Beberapa orang murid SD 13 Payakumbuh yang ditemui Puskesmas, mengaku mereka memang mengkonsumsi jajanan disekitar sekolah. “Memang tadi saya dan kawan-kawan mengkonsumsi nasi goreng, mie, bakso dan sosis. Setelah itu kami mengalami mual dan muntah. Hingga kami dilarikan ke Puskesmas ini,” terang Dwi Giva Yolanda (12) murid kelas VI tersebut.
BALAI POM
Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elza Daswarman SKM MPPM mengakui 26 orang siswa dirawat Jumat pagi di Puskesmas Padang Karambia. Indikasi memang keracunan. Selanjutnya, bahan makanan yang dimakan siswa itu diperiksakan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang.
”Ya, ada 4 orang siswa yang diinfus. Lalu, semua sudah kita perbolehkan pulang. Selanjutnya, bahan makanan yang diindikasi mengandung racun itu, kita sudah bawa ke BPOM Padang untuk diperiksa. Sebab, untuk memeriksa kandungan makanan konsumsi alat dan pemeriksanya hanya ada di Padang,” ujar Elza Daswarman, Kadis Kesehatan yang hobi berbatu akik besar di jarinya itu.
Keterangan salah seorang sumber, mengatakan di sekolah ini tidak terdapat kantin sekolah. Sehingga, penduduk sekitar yang berjualan di sekitar sekolah. Pengawasan makanan yang dijual menjadi tidak ada.(mnc​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*