Program Nasional Science dan 100 Techno Park (STP)

Ilustrasi

Ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Program Nasional Science dan 100 Techno Park (STP) bakal menjadi keroyokan bagi instansi terkait untuk menyukseskan ambisi dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Salah satunya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Menurut Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan pihaknya akan berkerja keras demi menyukseskan program pemerintah ini. Diakuinya, institusi yang dipimpinnya itu mendapatkan jatah 9 techno park untuk membantu dalam pengembangannya.

“Kita dapat jatah 9 techno park untuk bantu dikembangkan. Dari jumlah itu kita mengelola satu National Science Park dan satu khusus untuk menangani penelitian tentang maritim yakni Maritime Science Park,” ungkapnya  selepas acara Kick Off Program Science dan 100 Techno Park di Bandung, (07/05).

Unggul optimis jika program ini kelak bakal sukses sesuai target pemerintah. Namun sayangnya, dia tidak menyebutkan detail target itu.

“Ya, kita sih optimis sukses sesuai target lima tahun mendatang. Tapi, apakah itu sukses mencapai 100 persen, kita belum tahu. Yang jelas kita berusaha dulu,” ujarnya singkat.

Pembangunan STP ini akan disesuaikan dengan potensi sektor yang berkembang di kabupaten dan kota terkait, misalnya perkotaan fokus ke sektor industri, pedesaan fokus ke pertanian dan daerah pesisir fokus ke perikanan dan kelautan.

Hal ini juga menjadi strategi pemerintah agar sektor industri manufaktur dapat berkembang dan mengintensifkan produksi barang bernilai tambah.

(bbo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*