3 Ton Bahan Kampanye Sudah di Tangan Pasangan Calon, KPU Sudah Serahkan Untuk Dibagikan, Panwaslu Rakor Pengawasan

Rakor Pengawasan Panwaslu Lima Puluh Kota.

Rakor Pengawasan Panwaslu Lima Puluh Kota.

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Limapuluh Kota, mengatakan telah 3 ton lebih Bahan Kampanye diserahkan ke masing-masing pasangan calon. Menurut Kordiv Teknis Budi Mulya selaku narasumber Rapat Koordinasi Panwascam se-Limapuluh Kota di Sagho Bungsu Tanjung Pati Rabu (28/10) masing-masing pasangan calon telah dicetakkan berbagai bahan kampanye; leaflet, stiker, dan lainnya.

”Tinggal lagi, apakah sudah dibagikan ke masyarakat atau belum, itu soalan pasangan calon. Yang pasti KPU sudah membuatkan dan menyerahkannya,” ujar Budi Mulya yang tampil elegan tanpa presentasi.

39 orang Panwascam dari 13 kecamatan mengikuti Rapat Koordinasi dengan Panwaslu Kabupaten Limapuluh Kota. Selain Budi Mulya yang bicara tahapan Pilkada, juga tampil Fery Chova dari BKD Limapuluh Kota soalan Netralitas ASN di Pilkada, lalu Polres Payakumbuh dari Gakkumdu Aiptu Eldi Viarso dengan materi Penegakan Hukum Pilkada.

Menurut Fery Chova netralitas PNS atau kini disebut Aparatur Sipil Negara sudah diatur dalam UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Lalu, Surat MenPan RB No. B/2355/M.PANRB/07/2015 tanggal 22 Juli 2015 perihal Netralitas ASN dan Larangan Penggunaan Aset Dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak. Surat Edaran Mendagri Nomor 270/4211/SJ tanggal 4 Agustus 2015 tentang Netralitas Pegawai ASN dan Larangan Penggunaan Fasilitas Pemerintah Daerah dalam Masa Kampanye Pemilihan Kepala Daerah.

Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat Nomor 800/4036/BKD-2015 tanggal 13 Agustus 2015 tentang Netralitas Pegawai ASN dan Larangan Penggunaan Fasilitas Pemerintah Daerah dalam Masa Kampanye Pemilihan Kepala Daerah. Serta Surat Edaran Bupati Lima Puluh Kota Nomor 800/1140/BKD-LK/VIII/2015 tanggal 13 Agustus 2015 tentang Netralitas ASN dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Iptu Eldi Viarso sendiri memaparkan tentang sentra Gakkumdu serta prosedur penyelesaian Pelanggaran Pidana Pemilu, Pelanggaran Kode Etik, Pelanggaran Administrasi, dan Sengketa Pemilihan ada prosedur dan penanganan yang ditetapkan.

”Gakkumdu Polres Payakumbuh menangani 11 Kecamatan; 5 kecamatan di Kota Payakumbuh dan 8 kecamatan di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Iptu Eldi Viarso.(dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*