311 Siswa SMP Se- Kota Padang Panjang Wisuda Tahfidz Al-Qur’an

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dalam rangka menyemarakkan HJK Padang Panjang, sebanyak 311 siswa siswi SMP se-Kota Padang Panjang ikuti wisuda Tahfidz Al-Qur’an. Kegiatan Wisuda yang dilaksanakan atas kerjasama Kesra Padang Panjang, Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Kota Padang Panjang ini dilaksanakan di Gedung M.Syafe’i, Selasa (4/12). Acara ini dibuka oleh Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Emir Emil Elmaulid dan turut dihadiri Kepala Kementrian Agama Kota Padang Panjang yang diwakili oleh kasi Adityawarmah MA, Kepala Sekolah dan majelis guru se- Kota Padang Panjang.

Sebelumnya para peserta wisuda tahfidz mengikuti pawai ta’aruf yang dilepas oleh Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Emir Emil Elmaulid di Lapangan Anas Karim. Rute pawai yang ditelusuri peserta depan kantor BAPPEDA, Simpang Muhammadiyah, AB Mart Balai-balai, depan Secata B menuju Gedung M. Syafe’i.

Untuk memacu semangat menghafal Al-Qur’an para siswa, pihak pelaksana acara memberikan apresiasi kepada wisudawan tahfidz terbaik dengan sistem penilaian grup. Grup putra SMPN 5 Padang Panjang keluar sebagai juara pertama diikuti oleh SMPN 1 Padang Panjang sebagai juara kedua dan SMPN 6 Padang Panjang sebagai juara ketiga. Dan untuk grup putri, juara satu oleh SMPN 6 Padang Panjang, juara dua oleh SMPN 1 Padang Panjang dan juara 3 oleh SMPN 5 Padang Panjang.

Apresiasi yang besar untuk semangat menghafal Al-Qur’an dari para siswa/siswi SMP di Kota Padang Panjang juga datang dari Pemerintah Kota. Melalui penuturan Syaiful, S.Pd “Siswa pondok pesantren menghafal Al-Qur’an biasa, siswa MTS menghafal al-Qur’an biasa, Siswa SMP menghafal Al-Qur’an Luar Biasa”. Ucapan selamat teruntuk para wisudawan dan wisudawati dari berbagai jejaran pemerintahan termasuk Walikota Padang Panjang melalui Emil “Selamat Kepada Wisudawan, Wisudawati Thafidz Al-Qur’an SMP se- Kota Padang Panjang Tahun 2018. Tingkatkan terus hafalan Al-Qur’annya dan ajak teman-teman di sekolah untuk turut menghafal Al-Qur’an juga.”

Kedepannya, Pemerintah Kota Padang Panjang tidak hanya akan memfokuskan program Tahfidz ini di dunia Pendidikan atau di sekolah saja, namun juga akan mengembangkannya ditengah masyarakat. Pemerintah Kota mencanangkan pada tahun 2019 mendatang untuk melakukan pembinaan kampung Tahfidz Al-Qur’an di Kota Padang Panjang . Target Pemerintah 5 tahun yang akan datang yaitu terbentuknya 10 Kampung Tahfidz Al-Qur’an di Padang Panjang. Hal ini untuk mewujudkan harapan Padang Panjang kedepannya menjadi kota Tahfidz Al-Qur’an. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas