38 Guru TPQ Payakumbuh Berebut Dua Tiket Umrah

Sekko Benni Warlis foto bersama dengan peserta lomba guru TPA se-Kota Payakumbuh.
PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Tahun ini Pemko Payakumbuh menyediakan dua tiket Umrah ke Tanah Suci Mekah, bagi guru Taman Pendidikan Alqur’an (TPQ), Taman Pendidikan Seni Alqur’an(TPSQ) dan Madrasah Diniyah Awaliah (MDA) berprestasi.

Untuk menguji kempuan guru TPQ/TPSQ/MDA itu, Pemko Payakumbuh melalui Bagian Kesra Setdako, menggelar Lomba Kompetensi Guru TPQ/TPSQ/MDA itu di Masjid Muslimin Labuh Baru, Kecamatan Payakumbuh Utara, selama tiga hari, 11-13 November 2014.
Lomba yang baru pertama kali digelar itu, dibuka Walikota Payakumbuh diwakili Sekdako H. Benni Warlis, MM, di masjid setempat, Selasa (11/11).

Saat pembukaan lomba ikut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama H. Salmam S. Memed, pengurus LPTQ, LDS, MUI, sejumlah pimpinan SKPD terkait dan camat serta undangan lainnya.

Dilaporkan Kabag Kesra Setdako Yonrefli, MPPE, lomba kompetensi guru TPQ/TPSQ/MDA itu, dalam rangka peningkatan mutu tenaga pendidik seni baca Alquran dimaksud. Makanya, sejumlah aspek, seperti kemampuan membaca dan menulis Alqur’an, tajuhid, fiqih dan hafisz jus ke-30 atau ayat-ayat pendek, guru TPQ/TPSQ dan MDA itu akan diuji tim penilai. “Guru yang terpilih, adalah benar-benar yang punya kompetensi dibidang ini,” tegas Yonrefli.

Menurutnya, pemenang pertama kelompok putera dan kelompok puteri dari lomba kompetensi guru TPQ/TPSQ/MDA tersebut, akan memperoleh tiket umrah yang direncanakan berangkat, dalam Desember mendatang. Tahun depan, jika minat peserta makin banyak, pemko akan menambah jumlah kuota yang akan diberangkatkan. “Bisa jadi sebanyak 4 pemenang,” tegas Yonrefli.

Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis dalam sambutannya mengatakan, lomba kompetensi guru TPQ/TPSQ/MDA itu, selain bakal membangkitkan gairah guru bersangkutan, juga akan berdampak positif terhadap peningkatan mutu murid TPQ/TPSQ/MDA kota ini. Payakumbuh ingin melahirkan murid TPQ/TPSQ/MDA yang benar-benar memahami seluruh yang terkandung dalam kitab suci itu.

Karena itu, jika tahun ini pemenang lomba yang dikirim pemko umrah, tahun-tahun berikutnya pemko bersama SKPD terkait juga akan mengirim pelajar yang hafal Alqur’an 30 juz ke Tanah Suci Mekah. Harapan sekdako, tahun depan jumlah peserta lomba kompetensi guru TPQ/TPSQ/MDA ini bakal lebih banyak dari tahun ini yang hanya berjumlah 38 peserta.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*