38 Ribu Pemilih Salurkan Hak Suara di 177 TPS

Padangpanjang—Sebanyak 38.781 pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke-2 (DPT-HP2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang, akan menyalurkan hak suara pada 177 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kota berjuluk Serambi Mekkah itu.

Ketua KPU Kota Padangpanjang, Octa Novisyah menyebut persiapan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) yang menyisakan 84 hari lagi pada 17 April mendatang tersebut, pihaknya sudah menerima logistic berupa kotak surat suara dan bilik suara. Namun demikian, masih terdapat sejumlah logistik berdasarkan kebutuhan sesuai jumlah pemilih dan TPS yang ada.

“Untuk logistik, kotak surat suara sudah diterima 912 unit dan masih kurang sebanyak 25 unit lagi. Sedangkan untuk bilik suara, dari 551 unit yang dibutuhkan masih terdapat kekurangan sebanyak 17 bilik dengan kondisi yang sudah diterima 534 unit, terdapat kerusakan 5 unit,” beber Octa di ruangan kerjanya, Jumat (25/1).

Sementara untuk kelengkapan TPS lainnya, khusus untuk sampul yang disediakan pihak KPU Provinsi Sumbar disebutkan sudah diterima KPU Kota Padangpanjang. Saat ini pihaknya tengah melakukan pensortiran dan pemilahan berdasarkan klasifikasi jenis dokumen.

“Kebutuhan surat suara, pembuatannya dilakukan KPU RI. Sedangkan untuk kelengkapan lainnya di TPS, sudah disiapkan KPU Kota terhadap 177 TPS yang ada di seluruh Padangpanjang,” ucap Octa.

Terkait dengan konsentrasi persiapan jelang pemilihan calon legislatif (calleg) DPRD Kota, Provinsi, DPR RI, DPD dan pemilihan Presiden mendatang, KPU tengah melakukan upaya maksimalisasi sosialisasi terhadap Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Bagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPTHP-2, hak pilihnya akan diakomodir dengan memasukkan dalam DPK. Karena itu kita akan menebar pemberitahuan di tempat-tempat pelayanan publik. Baik instansi pemerintah, maupun swasta. Termasuk di restoran-restoran yang bersifat stragis tingkat kunjungan publiknya. Hal ini agar tidak ada masyarakat yang terbaikan hak pilihnya,” jelasnya.

Tekan Golput

Sedangkan upaya KPU Kota Padangpanjang dalam menekan angka Golput di kota berhawa sejuk itu, sebanyak 55 orang anggota Relawan Demokrasi yang melibatkan unsur masyarakat berasal dari 11 basis pemilih strategis. Yakni disebutkannya, basis keluarga, pemilih pemula,pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan dan warganet.

Okta mengatakan, kehadiran Relasi sebagai mitra KPU ini akan mendorong kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara optimal. “Sebanyak 55 anggota Relasi yang telah diseleksi dari 133 pelamar, akan efektif bertugas mulai Februari mendatang. Mereka juga telah dberikan pembekalan berupa bimbingan tekhnis,” pungkas Octa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas