4 Warga  Buka Jalan, Singkopau Ateh Koto Suliki Butuh Perhatian Pemerintah

4 Warga yang membangun jalan Ateh Koto - Singkopau dengan sukarela

4 Warga yang membangun jalan Ateh Koto – Singkopau dengan sukarela

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Jalan, menjadi kebutuhan utama ekonomi warga. Apa jadinya kalau jalan yang menghubungkan ekonomi warga tidak dibangunkan oleh pemerintah. Maka, muncullah masyarakat yang peduli dengan ekonominya ini, mereka berupaya membangun sendiri.

Di Kampuang Singkopau, Jorong Ateh Koto, Nagari Suliki, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota ini terjadi. Jalan penopang ekonomi kampuang itu menopang hasil 37 tumpak sawah yang dimiliki 21 orang dengan luas lahan 21 Hektar.

Edi Chandra, Zul Apendi, Yon Eka Putra, Roni Eka Putra, adalah 4 orang petani yang keras hati. Jalan dari Ateh Koto menuju Singkopau yang dulu pernah ada, kini tertimbun dan hilang, mereka bangun kembali dengan sukarela.

Siang dan malam keempat warga Ateh Koto ini berkeras hati. Telah lama bekerja dengan sukarela, tanpa pamrih. Menebas belukar, membuka kembali jalan tanah, melebarkannya, membuka jalur transportasi keluar dari Singkopau menuju Ateh Koto.

Ditemui, di Ateh Koto, Nagari Suliki, sehabis bekerja membuka dan membangun jalan, Senin (22/2/2016) meski setapak demi setapak, keempat warga ini dalam sesak dan letihnya, berkata, ”Jika jalan ini terwujud, dibantu pengerasan oleh pemerintah Limapuluh Kota, maka hasil pertanian warga akan terangkut dengan mudah, murah, dan menguntungkan,” ujar Edi Chandra dengan bersemangat diamini ketiga pembuka jalan lainnya.

Harapan warga, bahwa keempat pekerja yang sempat ditertawai karena tidak diyakini pekerjaannya ini akan berhasil, kini berubah. Sebab, hasilnya mulai terlihat. Peralatan teknis yang ada hanya pangkul dan sabit saja.

Permintaan warga, agar Bupati Irfendi Arbi dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan ikut serta dan mendorong dengan bantuan anggaran dan peralatan dari dinas terkait. ”Tolonglah kami!” ungkap mereka, kini kompak.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas