40 Kk Miskin Terima Bantuan Total Rp50 Juta Dari Baznas Dan LKKS

Ketua Umum LKKS Payakumbuh Dr. Henny Riza Falepi menyerahkan bantuan kepada KK miskin di Kelurahan Ompang Tanah Sirah.

Ketua Umum LKKS Payakumbuh Dr. Henny Riza Falepi menyerahkan bantuan kepada KK miskin di Kelurahan Ompang Tanah Sirah.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Ketua Umum LKKS (Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial) Payakumbuh,  Dr Henny Riza Falepi, bersama Asisten II Setdako Amriul Dt Karayiang MMPd dan Kadisosnaker Payakumbuh Idris, menyalurkan bantuan total Rp50 Juta, buat 40 KK miskin yang berada di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Bantuan yang berasal dari Badan Amil Zakat Nasional melalui Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Sumatera Barat, itu diserahkan di Masjid Nurul Yaqin, Kamis (2/4). Bantuan buat modal usaha itu, diserahkan Ketua Baznas Provinsi Sumbar,  Prof Syamsul Bahri kepada Ketua Harian LKKS, Drs Parlagutan Nasution, dan untuk selanjutnya diserahkan kepada Dr Henny Riza Falepi,  yang juga merupakan Ketua TP-PKK Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten II Amriyul Dt Karayiang dalam sambutannya mengungkapkan,  menurut data PPLS (Program Perlindungan Sosial) tahun 2011, di  Payakumbuh tercatat  6.383 KK  miskin. Diantaranya berada di Kecamatan Payakumbuh Utara.

”Mudah-mudahan dengan bantuan itu, akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga bersangkutan, dengan harapan bantuan yang diberikan dimanfaatkan buat kegiatan produktif,” ujar Amriyul Dt Karayiang.

Sementara itu, Ketua Umum LKKS Payakumbuh,  Henny Riza Falepi, memberikan apresiasi kepada  BAZNAS dan LKKS Provinsi yang telah menyalurkan bantuan ini kepada kota Payakumbuh dan berharap semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Payakumbuh khususnya Kelurahan Ompang Tanah Sirah. Menurutnya, LKKS bersama SKPD terkait akan terus bersinergi dalam menekan angka kemiskinan di kota ini, melalui kegiatan yang berada pada setiap SKPD di kota ini.

Senada dengan itu, Ketua BAZNAS Provinsi dan LKKS Provinsi juga mengharapkan hal yang sama. Keduanya berharap bantuan ini samapai ke tujuan. Ketua LKKS Provinsi juga menjelaskan Bantuan ini merupakan kerjasama BAZNAS Provinsi dan LKKS Provinsi, LKKS berperan dalam memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan layanan atau program dari bantuan sosial dan mendampingi dalam mengurus persyaratannya.

Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Payakumbuh Idris, mengatakan, bantuan yang diberikan itu akan dikawal pemko, melalui bimbingan teknis oleh pejabat Dinsos Payakumbuh terhadap 40 KK miskin penerima bantuan. Menurutnya, usaha produktif yang dilakukan disesuaikan dengan apa yang telah dilakukan KK bersangkutan selama ini. “Pokoknya, bantuan yang diberikan bukan untuk hal-hal konsumtif,” tegasnya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas