44 Persen Siswa Lolos PTN Tanpa Tes

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang boleh berbangga. Pasalnya, SMA Negeri 1 Padangpanjang yang digadang-gadangkan sebagai ikon pendidikan daerah berhawa sejuk itu berhasil mendongkrak jumlah mahasiswa undangan untuk Perguruang Tinggi Negeri (PTN) hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Padangpanjang, Desmon mengaku bangga dengan hasil capaian yang ditorehkan eks Rancangan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) itu. Berdasarkan perhitungan atau seleksi akumulasi nilai rapor dan Ujian Nasional (UN), sebanyak 100 dari 223 sisiwa SMAN 1 Padangpanjang dipastikan telah diterima di berbagai PTN di Indonesia tanpa tes.
100 orang lulusan SMAN 1 Padangpanjang tersebut, yakni lulus tanpa tes terbanyak di Universitas Andalas (Unand) 46 orang, Universitas Padjajaran (Unpad) 26 orang, Universitas Gajah Mada (UGM) 10 orang, Institut Tekhnologi Bandung (ITB) 8 orang, Universitas Indonesia (UI) 5 orang dan Universitas Negeri Surabaya (UNS) 2 orang serta Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universtias Negeri Padang (UNP) masing-masing 1 orang.

“Pencapaian 44,84 persen lulus tanpa tes ke berbagai PTN terbaik di Indonesia, dinilai sebagai bukti peningkatan signifikan mutu pendidikan SMAN 1 Padangpanjang pada Tahun Pelajaran (TP) 2014/2015 ini. Keberhasilan itu disebutkannya, bagian dari prestasi elemen tenaga pendidik dalam mendidik peserta didik yang patut diapresiasi dan terus didorong untuk berkreasi serta berinovasi,” ujar Desmon melalui selulernya, Kamis (14/5) tadi siang.

Selain itu disebutkannya, keberhasilan banyak peserta didik SMAN 1 Padangpanjang yang masuk PTN tanpa tes mencerminkan baiknya pelaksanaan tugas tenaga pendidik yang membidangi Bimbingan Konseling (BK) dan Wali Kelas dalam mengarahkan bakat anak untuk menentukan pilihan sesuai potensinya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Padangpanjang, Dervita beberapa waktu lalu mengungkapkan pihaknya optimis melebihi capaian tahun sebelumnya dalam perebutan tiket PTN tanpa tes pada lulusan tahun pelajaran 2014/2015 ini. Hal itu mengingat persiapan telah dilakukan sejak jauh-jauh hari, di antaranya ekstra kurikuler pengembangan kurikulum selama 2 jam setiap pekannya.

“Insya Allah anak-anak kita akan menerobos PTN terbaik di Indonesia lebih banyak lagi dari tahun sebelumnya. Persiapan sejak dini yang dilakukan dengan bimbingan langsung guru bidang studi, ditambah juga pelaksanaan TO khusus untuk kelas XII,” ketika dikunjungi saat pelaksanaan UN beberapa waktu lalu.

Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis menilai keberhasilan jajaran tenaga pendidik SMAN 1 Padangpanjang sebagai bukti keseriusan pemerintah terhadap peningkatan kualitas pendidikan di kota berjuluk Serambi Mekkah itu. Bahkan dengan menyandang slogan sebagai Kota Pendidikan, Padangpanjang akan terus berbenah demi tercapainya kualitas yang lebih baik lagi ke depannya.

“Ini sasaran Pemko ke depan, agar semua sekolah di Padangpanjang mempunyai kedudukan yang setara. Evaluasi akan selalu dilakukan guna percepatan pendidikan berkualitas, seiring dengan tuntutan kebutuhan lapangan pekerjaan. Kita tidak ingin, peserta didik di Padangpanjang hanya mengecap pendidikan sebagai suatu proses belaka yang tamat, kemudian selesai,” jawab Wako Hendri dari balik selulernya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas