44 Tahun Kota Payakumbuh, Kementrian PU Berikan Kado Istimewa 2 Eskavator Senilai Rp 4 M

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia berikan kado istimewa buat Kota Payakumbuh yang akan merayakan ulang tahunnya ke-44, tepatnya 17 Desember tahun ini. Dua unit eskavator, total nilai lebih kurang Rp4 Miliyar akan diterima Walikota Riza Falepi dari Menteri PU dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono.

Penyerahan kado tersebut berlangsung dalam malam resepsi Hari Kebaktian PU, dalam acara di ball room kementerian PU di jakarta, Jum’at (5/12) mendatang. Menyusul ditetapkannya Kota Payakumbuh sebagai pemenang pertama dalam Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang PU (PKPD-PU) untuk sub bidang Cipta Karya dan Pengairan Tahun 2014. Selain eskavator, Permko Payakumbuh akan menerima penghargaan PKPD-PU itu dari Presiden RI lewat Manteri Mochamad Basuki Hadimuljono.

“Kita senang dan bangga sekali dengan penetapan gelar juara PKPD-PU untuk kedua sub bidang itu. Dalam catatan sejarah Kota Payakumbuh, baru kali ini memperoleh dua gelar sekaligus. Sebuah prestasi yang pantas diapresiasi terhadap kinerja ke-PU-an Payakumbuh,” tegas walikota ketika dihubungi Minggu (30/11).

Menurut walikota, sebagai lokomotif pembangunan infrastruktur di Payakumbuh, kinerja dinas PU cukup taat azaz dan aturan. Bidang Cipta Karya dan Bidang Pengairan telah banyak memberikan dampak positif terhadap pembangunan kota ini. Tinggal lagi, bagaimana menggenjot Bidang Binamarga Dinas PU Payakumbuh, agar juga mampu mencatat prestasi yang sama, sebut Riza.

Dikatakan, prestasi yang diukir Dinas PU itu, diharapkan menambah motivasi seluruh staf dalam memacu kinerja ke arah lebih baik ke depan. Karena, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemko tidak akan pernah berakhir. Sebaliknya, akan terus bertambah dan penuh tantangan. Karena itu, dalam membangun kota ini, diperlukan perencanaan yang matang dan komperehensif, agar seluruh yang dikerjakan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat banyak, tegas walikota.

Sementara itu, di tempat terpisah, Plt. Kepala Dinas PU Payakumbuh Ir. Muslim, melaporkan, dalam empat tahun terakhir Payakumbuh selalu mencatat prestasi membanggakan dalam kegiatan PKPD-PU yang digelar tiap tahun. Pada tahun 2011, Payakumbuh baru mampu merebut gelar juara III untuk sub bidang Pengairan. Hadiah yang diperoleh waktu itu, berupa kendaraan tinja. Tahun 2012, sebagai runner up untuk kategori yang sama, dengan hadiah berupa amrol truck.

Kemudian tahun 2013, Payakumbuh ikut untuk dua kategori, yaitu sub bidang pengairan dan sub bidang cipta karya. Hasilnya, untuk kedua kategori itu, Payakumbuh sukses merebut gelar juara III untuk sub bidang pengairan, dan memperleh hadiah kendaraan pick up buat operasional PU. Tahun ini, Dinas Payakumbuh mencatat prestasi gemilang, dengan dua gelar sekalig. “Dan ini, satu-satunya kota di Indonesia yang mampu merebut dua gelar sekalgus dalam kegiatan PPD-PU,” ungkap Muslim.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*