45 Pengurus Koperasi Kota Padang Panjang Ikuti Bimtek Pengawasan Akuntabilitas Koperasi

Padang Panjang, Padang-Today.com РPjs. Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Dr. Rio Akhdanelly, M.Kes membuka langsung acara Bimtek Pengawasan Akuntabilitas Koperasi Bagi Pengurus Koperasi Kota Padang Panjang, Kamis (12/4) di Aula Senja Kenangan.Acara yang diselenggarakan selama dua hari tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Barat Junaidi, S.Kom dan diikuti oleh 45 pengurus koperasi Kota Padang Panjang.

Dr. Rio mengatakan, Koperasi merupakan suatu wadah formal yang bergerak dalam sektor perekonomian masyarakat serta berorientasi penuh pada perwujudan kesejahteraan para anggota.

“Koperasi berfungsi untuk mensejahterakan anggotanya, serta koperasi dituntut untuk mampu mengembangkan bidang usaha secara lebih baik,” ujarnya.

Pengawasan dalam koperasi sangat dibutuhkan, baik nanti saat adanya masalah dan juga bagaimana si pengelola koperasi dapat mengelola koperasinya dengan baik.

Pengawasan akuntabilitas koperasi ini merupakan satu komponen penting yang harus diperhatikan, karena ini menyangkut kesejahteraan anggota koperasi, tambahnya.

“Kita saat ini memahami bahwa persoalan yang sering terjadi pada koperasi adalah keterlambatan dalam menyelesaikan pembukuan atau laporan keuangannya, makanya kita butuh pengawasan dalam koperasi ini,” katanya.

Sedangkan untuk akuntabilitas pengelolaan koperasi, ini merupakan hal yang sangat penting, bahkan menjadi hal yang diutamakan dalam dunia perkoperasian.

“Kenapa akuntabilitas diuatamakan sebab koperasi mengelola sejumlah dana yang dihimpun dari seluruh anggota, uang harus dibukukan dan dilaporkan dengan transparan, pertanggung jawabnya adalah dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Padang Panjang yang diwakili Kepala Bidang Koperasi UKM Ernawati, SH mengatakan, tujuan diadakan bimtek ini agar pengurus koperasi memahami dan melaksanakan penerapan kepatuhan dalam mengawasi koperasi.

“Pemahaman akuntabilitas koperasi sangat penting dalam dunia koperasi ini, sebab kita sama-sama mengetahui dana dari setiap anggota harus jelas dan transparan,” ujarnya.

Aset dari para anggota harus dilindungi dari pihak yang tidak bertanggung jawab, lanjutnya. Dan dengan adanya kegiatan ini “kita harapkan dapat meningkatkan ekonomi dari setiap anggota, serta kesejahteraan anggotanya juga terjamin,”harapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*