SISWA SLB PADANG PRODUKSI BERBAGI SOUVENIR

Siswa SLB di Padang produksi sendal kulit serta souvenir

Siswa SLB di Padang produksi sendal kulit serta souvenir

Advertisements

Padang, 4/12…..Siswa penyandang disabilatas di Kota Padang,Sumatera Barat memproduksi berbagai macam bentuk souvenir serta kerajinan tangan lainnya.

“Meskipun memiliki kekurangan, namun siswa penyadang disabiltas Kota Padang penuh semengat dan percaya diri produksi berbagai macam souvenir,”kata Kepala SLB YPLB PADANG, Desi Oktaria di Padang.

Ia menjelaskan, siswa ini dibimbing dari guru-guru cukup terlatih, mereka membuat kerajinan tangan,souvenir, produksi sendal dan lain sebagianya.

“Meskipun siswa lambat dalam pengerjaan, namun mereka cukup terlatih dan semengat dalam memproduksi souvenir maupun lainnya didamping guru,”ungkapnya.

Souvenir telah diproduksi siswa penyandang disabilitas diantaranya, gantungan kunci, mainan magent untuk di kulkas, bros baju.Tidak saja produksi souvenir, para siswa sudah ada membuat sendal kulit, sendal untuk hotel, serta memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan tas.

“Para siswa ini sudah ada menerima pesanan berbagai souvenir untuk pesta dan souvenir kado ulang tahun,”jelas Desi.

Hal sama juga dikatakan Isna salah seorang guru SLB di Padang menyatakan, siswa saat ini telah mampu memproduksi sendal, serta makanan ringan.

“Tidak saja memproduksi sendal, namun juga telah membuat alas kasur serta kain tenung maupun souvenir lainnya,”katanya.

Ia menjelaskan, untuk produksi sendal kulit, pihak sekolah kerjasama dengan salah satu pengusaha sepatu dan sendal di Pariaman.

“Pengusaha tersebut mengajarkan pada siswa pola untuk membuat sendal, sekarang ini pihak sekolah masih terkendala dalam peralatan yang bagus,”ungkapnya.

Walaupun peralatan belum bagus, tambah Isna namun produksi sendalnya sudah ada memesan. Untuk harga sendal kulit dipatok Rp150 ribu per unit nya.

Sementara itu ditempat terpisah, Pimpinan Mini market DAYA MART, Musfi Yendra mengatakan, mini market Daya Mart siap membantu pasarkan karya siswa disabilitas Kota Padang.

“Semua hasil produksi dari siswa disabiltas, Daya Mart siap untuk bantu pemasarkan kepada masyarakat Kota Padang,”katanya.

Ia menjelaskan, hasil produksi siswa ini cukup bagus dan menarik untuk dipasarkan di mini market Daya Mart, cara ini bisa bantu kaum disabiltas dalam wirausaha.

“Saatnya membantu kaum disabilitas dalam dunia usaha, ini salah satu usaha produktif dilakukan siswa dalam mempersipkan lapangan kerja sekarang ini terutama bagi penyandang berkebutuhan khusus,”ungkapnya.(*nat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*