5.014 Pelamar CPNS Pemko Payakumbuh Jalani Ujian di Pekanbaru

cpnsPAYAKUMBUH, PADANGTODAY.COM -Sebanyak 5.014 pelamar CPNSD 2014 di Pemko Payakumbuh, selama 11 hari, mulai 22 hingga 31 Oktober akan mengikuti ujian di Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, di Jalan Hangtuah kota setempat, dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Setiap hari, kecuali Jum’at, ada 500 peserta yang ikut tes, dengan lima sif. Sesi pertama sebanyak 100 orang akan dimulai pukul 08.00 sampai 09.30 WIB, dan seterusnya hingga pukul 17.30 WIB.

Advertisements

Kepala BKD Payakumbuh Hj. Ruslayetti, M.Pd, didampingi Sekretaris BKD Ipon Satria, S.IP, di Balaikota Payakumbuh, menginformasikan, Kamis (9/10), ke-5.014 pelamar yang lulus pemberkasan dari 5.797 yang mendaftar online melalui portal nasional CPNS 2014, itu mengadu nasib untuk mendapatkan 51 formasi yang tersedia. Itu berarti hanya 1,01% pelamar yang bisa diterima sebagai CPNS Payakumbuh, sebutnya. Pelamar tertinggi, dikatakan mengambil formasi teknis sebanyak 3.723, sisanya guru dan tenaga medis.

Menurut Ruslayetti, bagi pelamar yang sudah mendapatkan nomor ujiannya, jadwal ujian yang bersangkutan sudah dapat dilihat pada wibesite payakumbuhkota.go.id, papan pengumuman balaikota, kantor camat dan kantor PT Pos Payakumbuh. Seluruh ketentuan dan persyaratan mengikuti seleksi sudah kita umumkan terhadap peserta, ungkap Ruslayetti.

Seleksi CPNSD itu, jelas Ruslayetti, sangat ketat sekali. Bila peserta telat masuk kelas, sesuai jadwal, yang bersangkutan tidak akan dibolehkan mengikuti ujian. Makanya, sangat diharapkan sekali, peserta hadir 60 menit sebelum ujian dilaksanakan. Karena, peserta akan mengikuti registrasi dan absensi lebih dulu.

Walau begitu, menurut Ruslayetti, peserta tak perlu galau dengan seleksi CPNSD ini. Karena, ujiannya sangat transparan, objektif, akuntabel, kompetitif, bebas KKN dan jujur. Sistem CAT dinilai sangat fair sekali, dan hanya mereka yang mampu menjawab soal dengan tepat dan benar atau memenuhi pasing grade tertinggi yang bernasib mujur. Pengumuman mereka yang diterima akan disampaikan lewat portal panselnas BKN.go.id.

Sementara itu, Sekdako Payakumbuh Benni Warlis, mengingatkan peserta ujian CPNSD Payakumbuh, tidak tergiur dengan iming-iming oknum yang tak bertanggung jawab, untuk menjamin kelulusan CPNSD itu. “Tak ada satupun pejabat daerah, provinsi dan pejabat pemerintah pusat yang akan mampu menjamin kelulusan seseorang untuk diterima sebagai CPNSD. Kecuali, hasil ujian yang bersangkutan,” tegasnya.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*