5 Kebiasaan Tak Sehat Yang Dilakukan Wanita

PadangToday.com – Wanita sangat peduli dengan penampilan. Mereka bisa melakukan banyak usaha untuk membuat penampilan terlihat menarik, mulai dari melakukan diet ketat hingga olahraga berlebihan. Hal ini memang baik namun terkadang secara tak sadar juga bisa merusak kesehatan mereka sendiri.

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan tak sehat yang sering dilakukan wanita dan bisa membuat mereka mengalami masalah kesehatan.

1. Sering memakai sepatu hak tinggi
Memakai sepatu hak tinggi memang tak akan merusak kaki, namun jika Anda terlalu sering menggunakannya, sepatu hak tinggi bisa mencederai otot dan persendian. Hal ini bisa memicu penyakit seperti arthritis, nyeri punggung, dan kerusakan tendon. Jangan terlalu sering memakai sepatu hak tinggi, terutama dengan hal lebih dari 1,5 inci untuk kegiatan sehari-hari. Pilih sepatu yang nyaman dan tidak terlalu banyak memberikan tekanan untuk kaki Anda.

2. Menggunakan ukuran bra yang salah
Adalah fakta bahwa kebanyakan wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah selama hidupnya. Menggunakan ukuran bra yang tak sesuai dengan tubuh tak hanya mempengaruhi pakaian, tetapi juga bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti rasa sakit pada punggung, payudara, dan leher. Selain itu, ukuran bra yang salah juga bisa berimbas pada postur tubuh dan menyebabkan iritasi pada kulit jika terlalu ketat. Sangat penting bagi wanita untuk mengukur dengan benar ukuran payudara mereka dan menggunakan bra yang tepat.

3. Makan dengan emosi
Sebenarnya tak hanya wanita, pria juga bisa makan dengan emosi. Namun penelitian mengungkap bahwa wanita lebih mudah melakukan kebiasaan tak sehat ini. Wanita lebih mudah menyerah dan makan dengan emosional dibandingkan pria. Makan dengan emosional ini tak hanya mempengaruhi berat badan, melainkan juga berkaitan dengan kelainan mood dan depresi.

4. Tak membersihkan make up saat tidur
Banyak wanita yang langsung tertidur sambil masih memakai make up. Bisa jadi karena kelelahan atau malas mereka lupa untuk membersihkan make up saat tidur. Padahal hal ini buruk untuk kesehatan kulit. Kotoran dan minyak yang menempel di pori-pori akan menutup dan menyumbatnya sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, tidur dengan masih memakai maskara dan makeup mata juga bisa menyebabkan iritasi pada mata.

5. Kurang tidur
Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat orang sering begadang dan kurang tidur. Hal ini bukanlah kebiasaan yang baik, terutama untuk kesehatan. Selama ini kurang tidur telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti meningkatnya konsumsi kalori, penyakit jantung, stres, depresi, dan lainnya. Selain itu, sering begadang juga bisa memicu masalah tidur lain yang lebih serius seperti apnea tidur dan insomnia.

Itulah beberapa kebiasaan tak sehat yang sering dilakukan oleh wanita. Jika Anda sering melakukan kebiasaan di atas sebaiknya hentikan mulai saat ini. Kebiasaan di atas bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tak segera diatasi.(m/ndy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas