5 Ranperda Dirapatinternalkan DPRD Payakumbuh, Selasa Raker dengan Tim Ranperda

Pansus 5 Ranperda DPRD PayakumbuhPayakumbuh, PADANG-TODAY.com-Lima Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Zakat, Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi, serta Ranperda Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 01 tahun 2003 tentang Pencegahan, Penindakan, dan Pemberantasan Penyakit Masyarakat/Maksiat dan Ranperda tentang Pengelolaan Pasar Tradisional terus dikaji dan dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Payakumbuh.

Hingga Senin (21/3/2016) DPRD masih menjalankan rapat internal. Sementara, hearing sudah dilaksanakan, yang pun sudah ditempuh studi banding ke kota dan kabupaten dalam provinsi.

Bahwa, telah dibagi tugas dalam dua Pansus; Pansus 1 dengan materi Ranperda tentang Pengelolaan Zakat, Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi diketuai oleh H Maharnis  Zul, SPd, Wakil Ketua Ir H Ahmad Zifal, Sekretaris Drs H Basril Latif dengan anggota Drs H Fitrial Bahri, Nasrul, Alek Wijaya SE, Ir Ahmad Ridha, Ir Adi Suryatama, Hurisna Jamhur SPd dan Marhidayandi AMd, sedangkan pendamping H Wilman Singkuan Ssos MM dan H Supaman SPd.

Pansus 2 disepakati membidangi Ranperda tentang Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 01 tahun 2003 tentang Pencegahan, Penindakan, dan Pemberantasan Penyakit Masyarakat/Maksiat dan Ranperda tentang Pengelolaan Pasar Tradisional diketuai oleh Ridwan Sabirin SE, Wakil Ketua Aribus Madri Bac dan Sekretaris Syafrizal dengan anggota, Wulan Denura SST, Mawi Etek Arianto, Hendri Wanto SSos, Edwar DF SSos, Al Hudri Datuak Rangkayo Mulie, HI DDt Muntiko Alam, Ismet Harius SSos, Ir Yanuar Gazali, dan Chandra Setipon AMd.

Ketua Pansus I H Maharnis Zul mengatakan saat istirahat rapat di Aula DPRD Kota Payakumbuh, bahwa Ranperda tentang Pengelolaan Zakat, Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi baru dalam pembahasan. Hasilnya akan diketahui pada jadwal 14 April 2016.

Sementara itu, anggota Pansus 2, Chandra Setipon menyebutkan sedang dilakukan penyempurnaan oleh Tim Ranperda setelah berdiskusi dengan Pansus 2. Setelah ini akan ada rapat pembahasan pasal per pasal.

“Akan dibahas pasal per pasal dengan Tim Ranperda,” ujar Chandra Setipon saat dimintai keterangan.

Di Pansus 1, Koordinator sebagaimana ditunjuk, H Suparman dan H Wilman Singkuan. Khusus tentang Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak, Pengelolaan Zakat, dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi, H Wilman Singkuan mengatakan Pansus sedang membuat rangkuman dari hasil tukar informasi, baik dalam provinsi maupun luar Provinsi.

“Hasilnya, akan dibawa dalam Rapat Kerja dengan Tim Ranperda dalam penyempurnaan Ranperda dan dikonsultasikan kemudian ke tingkat pusat dan provinsi,” ujar Wilman Singkuan Datuak Parpatiah ini.

Sementara itu, Anggota Pansus 1 lainnya, Hurisna Jamhur mengatakan bahwa Rapat Internal DPRD menyoal Ranperda akan dilanjutkan besok hari dengan Rapat Kerja. Sampai sore akan dirangkum hasil tukar informasi.

Sedangkan Anggota Pansus 1 lainnya, Ahmad Ridha menyebutkan sampai berita ini diturunkan poin-poin untuk kesiapan Raker yang digelar Selasa (22/3/2016) belum tersimpulkan. Rapat internal berlanjut.

Agak sulit, berdasarkan pengalaman selama ini, Ranperda Pengelolaan Pasar Tradisional yang  telah beberapa kali gagal termasuk dengan DPRD sebelumnya, diharapkan dapat diselesaikan pada masa sidang pertama ini, untuk itu kepada Pemko dan instansi terkait, DPRD berharap agar menyiapkan bahan dan regulasi dengan melibatkan stakeholder lainnya.

Masyarakat Kota Payakumbuh menanti sukses kinerja DPRD dalam pembahasan lima Ranperda ini. Koordinator LSM Sumbar Dr (HC) Syawaluddin Ayub mendesak DPRD agar bekerja dengan optimal.

”DPRD periode sebelumnya, kita lihat punya komunikasi publik yang baik. Kalaupun yang periode sekarang masih minim, kita minta agar kinerjanya terbaik bagi masyarakat. Segerakan lima Ranperda yang menjadi pokok kerja itu,” ujar Syawaluddin Ayub mendesak.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas