50 Orang Peserta Diklat BPPPKS Lakukan Studi Banding Ke Nagari Sungai Durian

Camat Patamuan.

Camat Patamuan.

PATAMUAN, PADANGTODAY.COM-Sebanyak 50 orang peserta Pendidikan dan Latihan (Diklat) Balai Besar Pendidikan Pelatihan dan Kesejahteraan Sosial (BPPPKS) Regional-1 Sumatera, Jumat (17/04/2015), melakukan studi banding ke Nagari Sungai Durian Kecamatan Patamuan, untuk melihat dari dekat keberhasilan pelaksanaan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di nagari setempat.

Kedatangan peserta Diklat dari BPPKS Regional I Sumatera yang dipimpin Nurdias dan Supriyadi tersebut di Nagari Sungai Durian, disambut langsung Camat Patamuan Zaldi Arnas serta pendamping KUBE Nagari Sungai Durian Junaidi. “ Saya mengucapkan terima kasih kepada peserta diklat BPPPKS Regional-1 Sumatera, yang telah mengunjungi daerah kami sebagai sasaran studi banding,” kata Zaldi Arnas.

Menurut Camat Zaldi Arnas, di nagari Sungai Durian yang mendapatkan bantuan KUBE sebanyak 10 kelompok pada tahun 2013 lalu. Bantuan tersebut ternyata dapat dikembangkan secara baik oleh penerima KUBE di nagari Sungai Durian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Seperti Kelompok Palak Cengkeh Air Masin Korong Kampung Tanjung Nagari Sungai Durian berkat bantuan KUBE berhasil mengembangkan usaha pembibitan ikan gurame. Begitu juga pada Kelompok Zaitun mengembangkan kebun papaya dan Kelompok Air Masin membudidayakan peternakan sapi.

“Bapak-Bapak peserta Diklat BPPPKS akan didampingi Pendamping KUBE Nagari Sungai Durian Junaidi, untuk melihat secara langsung dilapangan realisasi bantuan KUBE yang telah dikembangkan masyarakat,” jelas Camat Zaldi Arnas.

Peserta Diklat yang berkunjung ke nagari Sungai Durian tersebut berasal dari 5 (lima) Propinsi diantaranya dari Propinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan dan dari Propinsi Sumatera Barat, untuk melihat dari dekat realisasi pelaksanaan bantuan KUBE di nagari Sungai Durian. Nantinya, bahan studi banding ini akan dikembangkan di daerahnya.

(darwisman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*