5000 Lebih Warga Ramaikan Takbir Akbar Idul Adha Nagari Pasie Laweh

5000 Lebih Warga Ramaikan Takbir Akbar Idul Adha Nagari Pasie Laweh

Padang-today.com__Objek wisata Lubuak Cimantuang Bendungan Anai Pasie Laweh Lubuk Alung dipadati warga memeriahkan perayaan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H, Kamis malam (23/08).

Lebih 5000 warga dari tujuh korong di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung ditambah dari Korong Asam Pulau dan Rimbo Kalam Nagari Anduring Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, memenuhi pelataran objek wisata Lubuak Cimantuang.

Malam itu, atas kesepakatan seluruh warga difasilitasi Pemerintah Nagari, diadakan perayaan Malam Takbir Akbar sekaligus merayakan HUT RI ke 73.

Acara dimulai dengan pawai obor/colok yang dibawa dari masing masing-masing korong. Sehingga suasana malam itu Pasie Laweh terang benderang oleh api obor ditingkahi dentuman tabuh tassa dan mercon kembang api di udara.

Wakil Bupati Suhatri Bur yang didampingi empat Kabag (Humas, Kesra, Hukum dan PUM), Camat Lubuk Alung dan Kabid Kebudayaan itu terlihat antusias dan senang dengan kemeriahan acara.

Dalam sambutannya, Suhatri Bur mengatakan sangat senang dan bahagia dengan diselenggarakannya acara yang baru pertama kali ada di Kabupaten Padang Pariaman itu.

“Atas nama pemerintah daerah, kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya acara yang spektakuler ini,” sahut Wabup senang.

Ini, sambungnya, satu satunya nagari di Padang Pariaman yang melaksanakan Malam Takbiran Akbar dihadiri lebih 5000 warga. Nagari lain belum bisa buat. Harap dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya.

Lebih jauh mantan Ketua KPU Padang Pariaman itu menjelaskan bahwa di Lubuk Alung banyak terbentuk kelompok remaja yang berjuluk gang. Kegiatan mereka membuat rusuh, meresahkan ketenangan dan ketentraman warga.

“Semoga melalui acara ini bisa menjadi salah satu cara membawa anak-anak gang itu pada kegiatan Islami dan berguna untuk pendidika pribadinya,” harap Suhatri.

Sementara, Wali Nagari Pasie Laweh Lubuk Alung Fery Adinur Dt Rajo Bulan mengisahkan bagaimana kegiatan malam takbiran akbar itu bisa terlaksana.

“Setelah melalui kesepakatan dengan seluruh masyarakat, shalat Id diputuskan dilaksanakan Jumat besok. Maka malam ini kami memgadakan Malam Takbir Akbar. Acara ini dilaksanakan selain memeriahkan perayaan Idul Adha, HUT RI ke 73 juga menjalin silaturahim antar anak nagari,” paparnya.

Wali Nagari juga menyampaikan harapan masayarakat Pasie Laweh terhadap lampu jalan sejumlah 100 titik akan yang akan dipasang Pemkab Padang Pariaman bisa berjalan sesuai rencana sehingga bisa menerangi jalan dan lalu lintas nagari.

“Kami juga berharap perhatian pemerintah terhadap pembangunan sarana prasarana fasilitas umum di Nagari Pasie Laweh seperti jalan yang sudah banyak yang rusak,” tukasnya.

Dalam laporan Ketua Panitia, Zeki menyebut bahwa acara ini diprakasai oleh pemuda dan disambut serta difasilitasi dengan baik oleh Wali Nagari.

“Kita berharap tahun depan lebih meriah dan bermacam festival agama dan budaya yang bisa ditampilkan. Kami berharap pemuka masyarakat dan perangkat nagari mendukung serta membimbing pemuda dalam meninkatkan kreativitas pemuda. Pemuda adalah calon pemimpin nagari dan bangsa ini, sehingga kita harus mempersiapkan pemuda dengan pendidikan karakter dan agama,” tandasnya menghakiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas