57 Tahun Bank Nagari, Peduli Rakyat, Kerja, Kerja, Kerja

Kantor Pusat Bank Nagari f-net

Kantor Pusat Bank Nagari f-net

ATM Bank Nagari kini hadir dimana-mana. Layanan ini dimanfaatkan Walikota Payakumbuh H Riza Falepi di Kantor Walikota Payakumbuh

ATM Bank Nagari kini hadir dimana-mana. Layanan ini dimanfaatkan Walikota Payakumbuh H Riza Falepi di Kantor Walikota Payakumbuh H Riza Falepi.

Bank Nagari Payakumbuh lancarkan layanan digital bagi konsumennya.

Bank Nagari Payakumbuh lancarkan layanan digital bagi konsumennya.

Kantor Bank Nagari Payakumbuh.

Kantor Bank Nagari Payakumbuh.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Bank Nagari Cabang Payakumbuh akhir tahun lalu memberikan bantuan bagi 117 siswa tak mampu yang berprestasi. Bantuan yang berasal dari dana Coorporate Social Responsibility (CSR) Bank milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat itu diserahkan Pimpinan Bank Nagari Payakumbuh Roni Adrian secara simbolis kepada Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di Taram.

Keterangan Pimpinan Bank Nagari Cabang Payakumbuh Roni Adrian dalam bincang dengan media ini di Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, sesudahnya, bahwa bantuan CSR untuk siswa yang kurang nampu dan berprestasi itu untuk 71 orang siswa SD. Jelang 57 Tahun Bank Nagari.

Jumlahnya Rp49 juta 700 ribu, masing-masing murid SD itu menerima Rp700 ribu. Siswa SLTP yang menerima sebanyak 26 orang masing-masing menerima Rp750 ribu dengan totalnya Rp18 juta 500 ribu. Berikutnya 6 orang siswa SLTA berjumlah Rp Lima juta 400 ribu, masing-masing menerima Rp 900 ribu. Serta 13 orang mahasiswa masing-masing Rp1.100.000,- rincinya.

Sementara untuk pelajar di Kota Payakumbuh telah diserahkan beberapa waktu yang lalu. Tercatat 100 orang pelajar di Kota Payakumbuh yang mendapat bantuan dana CSR Bank Nagari tersebut. Setumpuk kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya ditunjukkan oleh Bank Nagari di pusat sampai ke daerah.

Menjadi perusahaan Perbankan Daerah, Sumatera Barat, Bank Nagari tampak kian menjaga marwah kedaerahan. Meski ekspansi usaha telah menjajah ibukota serta kota-kota besar di Jawa dan Sumatera, namun Bank Nagari nyaris tak pernah lupa untuk berbuat untuk Nagari.

Sebab itulah, Bank Nagari kini kian mengoptimalisasi kecanggihan sekaligus kemanan transaksi digitalnya. Bank Nagari (merupakan sebutan untuk PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat/BPD Sumbar) adalah satu-satunya bank milik pemerintah daerah yang berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Sumatera Barat.

Bank Nagari memang berpusat di Padang. Sekitar tahun 1986 penulis dibimbing orang tua berangkat ke Bank Nagari. Gedung besar yang kala itu menumbuhkan ketakjuban. Kolam ikan besar, dengan puluhan ikan mas di dalamnya semarak dengan hijau tertumbuhan di kolam di luar bagian luar pintu masuk utama.

Memasuki Gedung Bank Nagari kala itu di Padang sungguh menakjubkan bagi penulis. Satpam yang ramah, tangga mewah berkarpet merah, serta deru AC yang lembut membuat penulis menyesal tadi ke Bank Nagari tidak bawa sweater. Dingin, sejuk, nyaman, wangi, bersih, penuh senyuman.

Bank Nagari terlahir 12 Maret 1962, PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (PT BPD Sumbar). Pendirian Bank Nagari dipelopori oleh Pemerintah Daerah beserta tokoh masyarakat dan tokoh pengusaha swasta di Sumatera Barat atas dasar pemikiran perlunya suatu lembaga keuangan yang berbentuk Bank, yang secara khusus membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di daerah.

Saat ini, Bank Nagari telah ada di berbagai kota atau kabupaten di Sumatera Barat bahkan telah ada di kota luar Sumatera Barat, yaitu Jakarta, Bandung dan Pekanbaru. Bank Nagari sudah pula menggunakan sistem Perbankan Syariah pada Bank Nagari Syariah.

PRODUK KOMPLIT

Motto Bank Nagari ‘Bersama Membina Citra Membangun Negeri’ kini jadi tagline pembangunan. Beragam produk–produk baru telah diluncurkan Bank Nagari sejak tahun lalu. Nagari Cash Management (NCM) Personal dan Corporate, yang merupakan satu jenis jasa layanan keuangan yang ditujukan untuk nasabah perorangan dan non-perorangan (perusahaan/ lembaga). Dimana nasabah yang bersangkutan dapat memperoleh informasi keuangan dan melakukan transaksi keuangan melalui fasilitas online.

Lalu kini juga hadir, Nagari Money (N-Money) yaitu uang yang digunakan dalam transaksi internet dengan cara elektronik. Transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan internet. Seperti; Pembelian Pulsa Celuller dan Listrik, Pembayaran Tagihan Bulanan, Alat Bayar Belanja Secara Offline, Alat Bayar Belanja Secara Online, Transfer Ke Bank, Transfer Antar N-Money, Topup Wallet, Donasi, Penyaluran Dana/Disbursement dan Personal Loan.

Bank Nagari juga memiliki akses/produk Auto Debet, sebagai layanan pembayaran secara otomatis sesuai periode yang ditentukan atau disepakati oleh nasabah dan dilakukan dengan menggunakan system. Ada tiga fitur pada produk auto debet, yakni; Auto Debet atas Pembayaran Tagihan Biller, Auto Debet Pembelian Biller dan Auto Debet Pemindahbukuan Dana.

Selain auto debet dan dan N-Money, Bank Nagari juga memiliki Nagari Portal Payment, sebagai suatu sistem yang dapat digunakan oleh Mitra untuk mengelola pembayaran atas tagihan dari pihak kedua Mitra tersebut tanpa harus menyediakan sistem informasi Host to Host.

Bank Nagari ternyata telah melakukan dan memunculkan produk–produk unggulan pilihan untuk nasabahnya, yakni Diversifikasi Sikoci, diantaranya; Sikoci Rencana, Sikoci Pendidikan, Sikoci Pensiun, Sikoci Bisnis.

Bank Nagari akan terus tumbuh dan berkembang dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan mengembangkan produk baru untuk menunjang kebutuhan para nasabah. Dalam pengembangan produknya, Bank Nagari meluncurkan lima produk yaitu Nagari Money (N-Money), tabungan sikoci bisnis, sikoci pendidikan, tabungan sikoci pensiunan, dan tabungan sikoci rencana.

Gubernur Irwan Prayitno berharap Bank Nagari dapat terus melayani masyarakat Sumbar lebih baik. Kemudian juga memiliki manajemen yang bagus dalam melayani dan mengelola keuangan nasabah baik di Sumbar maupun perantau-perantau di luar Sumbar.

BANGUN NAGARI

Sesuai dengan namanya, Bank Nagari memang fokus memberdayakan potensi ekonomi di Nagari. Disamping, layanan prima bagi nasabah baru dan nasabah lama di perkotaan. Coorporate Social Responsibility (CSR) Bank Nagari banyak ditebar di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, serta daerah lainnya di Sumatera Barat.

CSR Bank Nagari terbukti ampuh menyelamatkan, memberikan stimulus untuk kerja… kerja… kerja…. Masyarakat Sumatera Barat khususnya, juga Indonesia mengenal layanan Bank Nagari dengan kode jaringan 118 ini. Kapanpun, dimanapun, kita dapat melakukan transaksi dari dan ke Bank Nagari.

Bank dengan dukungan modal dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sumbar ini, kini jadi primadona publik. Semakin matang dalam era digital ini, Bank Nagari semakin berdaya saing dengan keunggulan di berbagai layanan dan kantor sendiri. Nagari-nagari dan Desa di Sumbar kini terlayani, utamanya soalan pendanaan usaha.

Bangun Nagari memang beragam cara dan pola. Bank Nagari hadir sebagai solusi permodalan, simpanan, serta beragam layanan perbankan lainnya. Terlebih kini, di era 4.0 Bank Nagari menjadi tumpuan harapan publik di nagari-nagari jadi mentor terbaik. Ing ngarso sing tulodo. Di depan jadi penuntun.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas