7 Hal Penting Saat Pertama Kalinya Menggunakan Penerbangan Internasional

Menghadapi persiapan penerbangan internasional untuk pertama kalinya selalu menjadi tantangan bagi wisatawan, siapkanlah berbagai kemungkinan agar tidak kesulitan saat beraktivitas di bandara.

Setiap orang memiliki persiapan yang berbeda-beda saat melakukan penerbangan internasional pertamanya. Mulai dari destinasi wisata hingga pakaian perlu disiapkan sebaik mungkin agar tidak kerepotan saat tiba di negara tujuan. Berbeda dengan penerbangan domestik, ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk melakukan penerbangan internasional pertama kalinya.

  1. Persiapkan paspor dengan baik

Sebagai pengganti tanda pengenal, paspor merupakan dokumen yang wajib dibawa saat berkunjung ke negara lain. Masa berlaku paspor yang dibawa harus lebih dari enam bulan. Paspor bukan hanya diperlukan sebagai syarat keimigrasian yang diperiksa di bandara, berbagai urusan administrasi seperti penginapan, belanja bebas pajak (duty free) juga akan meminta wisatawan menunjukkan paspor. Jadi, pastikan selalu membawa paspor bepergian di tempat yang mudah diraih.

  1. Pilih negara yang ingin dikunjungi

Berbagai maskapai sudah banyak menyediakan alternatif negara tujuan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Penumpang bisa membeli tiket delta airlines jika ingin berkunjung ke berbagai destinasi di Asia dan Eropa. Belum lagi, Delta Airlines juga menyediakan hingga enam kelas penerbangan yang dipilih.

  1. Urus visa (jika dibutuhkan)

Selain paspor, beberapa negara mengharuskan wisatawan untuk mengurus izin visa untuk berkunjung ke negaranya. Pengurusan visa biasanya harus diurus sejak jauh-jauh hari karena ada kemungkinan izin visa ditolak. Oleh karena itu, pastikan sudah mendapatkan izin visa agar penerbangan dan perjalananmu lancar dan tiket pesawat yang sudah dibeli tidak sia-sia.

  1. Siapkan uang tunai dan fasilitas perbankan

Pembayaran nontunai memang sudah banyak digalakan sebagai alternatif pembayaran sehari-hari. Meski demikian, pastikan sudah menyiapkan semua hal yang dibutuhkan jika ingin melakukan pembayaran nontunai, salah satunya akses perbankan. Selain membawa uang tunai dalam bentuk pecahan mata uang negara yang dikunjungi, pastikan juga bank penyedia jasa layanan perbankan mengetahui bahwa pengguna sedang berkunjung ke luar negeri.

  1. Booking akomodasi sebelum keberangkatan

Pemesanan akomodasi seperti penginapan, tiket hiburan, sampai voucher makan sebaiknya sudah diurus sebelum keberangkatan. Sebisa mungkin, minimalisasi kemungkinan antre panjang untuk mengunjungi destinasi wisata yang diinginkan. Oleh karena itu, persiapkan semua pemesanan (booking) yang bisa didapatkan juga lewat online travel agent (OTA) seperti Traveloka.

  1. Atur alternatif transportasi

Ketahui pilihan transportasi yang bisa digunakan saat hendak berkunjung ke luar negeri. Bus, kereta bawah tanah, motor, dan transportasi online menjadi beberapa alternatif populer yang bisa dipakai. Pastikan juga untuk mengetahui cara memesan dan metode pembayaran yang digunakan sebagai alternatif. Jangan sampai menggunakan alternatif pembayaran nontunai yang tidak dimengerti cara penggunaannya. Jika tidak yakin, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu atau bertanya pada petugas resmi setempat.

  1. Hadapi kemungkinan jet lag

Penerbangan internasional tidak hanya memisahkan ribuan kilometer jarak dari tempat tinggal, tetapi juga perbedaan waktu. Mungkin bukan masalah jika harus menghadapi perbedaan waktu sekitar 1-3 jam, tetapi perbedaan waktu lebih dari itu memungkinkan wisatawan harus bersiap dengan adanya jet lag. Jadi, wajar jika tubuhmu perlu menyesuaikan waktu aktivitas dan istirahat, jangan memaksakan diri dan malah jatuh sakit.

Keperluan penerbangan, dokumen identitas pribadi, kebijakan perpajakan, dan akomodasi merupakan hal yang paling penting untuk disiapkan saat melakukan penerbangan internasional untuk pertama kalinya. Jangan sampai kelimpungan saat tiba di negara tujuan karena belum ada persiapan matang.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas