8 Pemohon Dari Sumbar Ajukan Gugatan Ke MK

 

Padang-today.com – Sebanyak 8 pemohon dari Provinsi Sumbar mengajukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tahun 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

   “Berdasarkan informasi diterima KPU Sumbar, ada 8 pemohon ajukan gugatan PHPU ke MK,”kata Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani di Padang.

    Berdasarkan data diterima KPU Sumbar yang mengajukan PHPU ke MK diantaranya DPR-RI Sumbar 1 partai PDIP, Dpr sumbar 2 pertai Berkarya, DPRD Provinsi Sumbar 2 mengajukan PPP., DPRD Padang 3 partai Nasdem, DPRD Agam 4 partai PAN, DPRD dapil Sijunjung 3 partai Demokrat, DPRD dapil Kabupaten Pesisir Selatan 2, partai PAN.

“Sedangkan caleg DPD tidak ada mengajukan gugatan PHPU ke MK,”jelas Izwaryani.

   Izwaryani menambahkan, KPU akan melampirkan data dari KPU daerah tentang mana saja yang mendapat gugatan dan KPU daerah mana saja yang perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi gugatan.

    Secara internal, akan mempersiapkan diri untuk menghadapi gugatan PHPU pilpres, PHPU pileg dan PHPU pemilihan anggota DPD.

   “Tim yang akan menangani adalah tim pengacara, tim tenaga ahli Biro Hukum KPU dan staf Kesekretaitan KPU akan menjadi bagian dari tim KPU dalan menghadapi gugatan PHPU selama dua bulan ke depan. Ini kan bukan perkara yang ringan, tapi butuh konsentrasi, butuh data yanga akurat dan butuh stamina yang ganda dalam menghadapi ini,” jelas Izwaryani.

    Berdasarkan situs web MK yakni https://mkri.id/index.php?page=web.EFormDetail2019&pages=6&id=7  untuk DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota sudah terdapat 329 berkas perkara yang masuk. Sedangkan untuk DPD RI, 10 berkas perkara.

    Untuk Capres yang mengajukan pemohon pasangan H. Prabowo Subianto dan H. Sandiaga Salahuddin Uno kuasa hukum Dr. Bambang Widjojanto, dkk.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas