90 Guru di Padangpanjang Ikuti Pelatihan TIK

Padangpanjang, Padang-today – Sebanyak 90 guru dari semua jenjang pendidikan di Kota Padangpanjang mengikuti pelatihan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Wisma Pangeran, Guguk  Malintang, Kota Padangpanjang. Pelatihan yang dilakukan selama dua hari tersebut, Selasa – Kamis (26/28/7) sebagai bukti keseriusan Pemko Padangpanjang dalam meningkatkan SDM guru, terutama di bidang TIK.

Advertisements

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padangpanjang DR. Desmon mengatakan, pelatihan seperti itu bukan yang pertama kalinya. Dinas Pendidikan sudah beberapa kali mengadakan pelatihan TIK untuk meningkatkan SDM guru sehingga mereka siap menggunakan TIK sebagai alat pembelajaran. Untuk instruktur, pada pelatihan kali ini didatangkan dari Kemendikbud, Pustekom dan Dinas Pendidikan Padang Panjang sendiri.

Diakuinya, untuk fasilitas TIK di sekolah-sekolah memang belum memadai. Namun, yang pertama kali dilakukan oleh Pemko adalah menyiapkan SDMnya terlebih dahulu. Setelah itu baru akan dilengkapi secara bertahap.

Menurut Desmon, proses pembelajaran menggunakan TIK nantinya akan diberlakukan di semua sekolah di Padang Panjang. Termasuk untuk Ujian Nasional. Tahun ajaran kemarin, beberapa sekolah di Padangpanjang sudah menggunakan TIK untuk UN, salah satunya SMPN 2.

“Ke depan ditargetkan semua sekolah akan menggunakan TIK, baik dalam belajar mengajar maupun ujian,” katanya.

Pelatihan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pemanfaatan rumah belajar untuk guru mata pelajaran dengan jumlah peserta 40 orang dan pemanfaatan TIK berbasis radio, televisi dan film dengan jumlah peserta 50 orang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*