Abhan: Pengawasan Pilkada Ditengah Pendemik Corona Bukan Pekerjan Ringan

Padang, Abhan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu-RI) meminta dalam mengawasi pelaksanan Pilkada serentak tahun 2020 tetap menerapkan protokol  kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Pelaksanaan pilkada ditengah pendemik hal yang baru, bukan pekerjaan ringan,yang penting diterapkan protokol kesehatan harus dijaga,”kata Abhan ketika di Padang.

Menurut dia, Bawaslu tetap optimis dalam melakukan pengawasan Pilkada serentak 2020 ditengah pendemik Covid-19.

“Ini tentu menjadi tambahan pekerjaan pengawasan kami. Selain mengawasi konten kampanye, Bawaslu juga menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkada 2020,”jelas dia.

Pengawasan itu tidak hanya di masa kampanye. Tapi sampai pemungutan suara. Misal pemilih harus pakai masker, dan lain-lain. Kewajiban Bawaslu mengawasi itu,” tegas Abhan.

Pilkada 2020 yang harus dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi Bawaslu dan KPU selaku penyelenggara.

Semua penyelenggara baik Bawaslu maupun KPU serta lapisan masyarakat wajib untuk menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

Protokol kesehatan harus juga dibarengi kepatuhan dan kesadaran masyarakat pemilih, supaya seiring dan sejalan

“Kita tidak menginginkan klaster baru penyerabaran corona di saat Pilkada serentak 2020,”tegas Abhan.

Perihal protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Abhan meminta protokol kesehatan di TPS sangat penting diketahui dan dipahami terutama oleh masyarakat karena taruhannya mengarah kepada keselamatan. “Perhatian penyelenggara pemilu dalam hal menerbitkan protokol kesehatan saat nanti di TPS,”ucap dia.

Abhan menambahkan, perlindungan keamanan jiwa dan kesehatan yang maksimal terhadap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pilkada mulai dari hulu sampai hilir tahapan Pilkada. Masalah keselamatan tidak bisa ditawar.

“Jangan sampai penyelenggara dan masyarakat tertular covid-19,”ucap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas