Acara Batagak Pangulu di Nagari Panampuang Agam di Hadiri Gubernur

Acara Batagak P angulu di Nagari Panampuang, Kabupaten Agam dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno

Acara Batagak P angulu di Nagari Panampuang, Kabupaten Agam dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno

Advertisements

Agam, PADANGTODAY.com – Nagari Panampuang, yang berada di Kecamatan Ampek Angkek, Kab. Agam, Sabtu (23/8) siang, malewakan 20 orang pangulu secara adat banagari oleh Kerapatan Adat (KAN) Nagari Panampuang.

Acara yang juga dihadiri langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno selaku pucuak undangan LKAAM Sumbar di Medan Nan Bapaneh Nagari Panampuang berlangsung hikmat dan lancar.

Acara batagak pangulu banagari yang digelar tersebut dihadari ribuan tamu undangan dan perantau Panampuang dari berbagai daerah. Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Agam Indra Catri, Kapolres Bukittinggi, AKBP. Amirjan, Dandim 03/04 Agam Letkol Arhanud Candy Christian Riantori, Camat Ampek Angkek Endrizal, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Pemuka Adat, Alim Ulama dan tokoh masyarakat.

Acara melewakan ini diikuti oleh 20 pangulu dari lima suku yang berada di nagari Panampuang. “Ini merupakan rangkaian proses setelah pangulu yang dilewakan secara banagari ini melakukan batagak gala di kaumnya masing-masing,” ujar Etriwarmon Ketua Panitia Pelaksana.

Sementara itu Ketua KAN Panampuang Fauzi Damrah mengatakan, ninik mamak nagari Panampuang sangat mengucapkan terima kasih kepada Gubernur, Bupati serta para undangan yang hadir dalam acara batagak pangulu banagari ini.

“Atas nama ninik mamak dan masyarakat kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kesedian Bapak Gubernur dan para undangan menghadiri acara batagak pangulu ini” katanya.

Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya mengucapkan selamat pada 20 pangulu yang baru saja dilewakan secara adat banagari oleh KAN Panampuang. Selanjutnya Indra Catri berharap agar seluruh pangulu yang dilewakan tadi dapat menjalankan amanah ini.

“Saya berharap kepada ninik mamak yang dilewakan tadi dapat menjalan fungsi dan perannya dengan baik. Ramainya para undangan dan kaum yang hadir sebagai bukti bahwa ninik mamak sangat dipercaya oleh kaum, oleh karena itu jalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Indra Catri yang dikenal dekat dengan masyarakat Panampuang ini.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutan singkatnya menyampaikan selamat kepada ninik mamak yang baru resmi memakai gelar adat di masing-masing. Gubernur berpesan agar dapat menjalan fungsi dan peran ninik mamak dengan baik dan bijaksana serta dapat mengayomi sanak kemenakan.

Dalam era globalisasi sekarang, peran ninik mamak sangat dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat. Terutama dalam membina generasi muda untuk tidak salah jalan dan tahu dengan falsafah Minangkabau ”Adat Basandi Syara’, syara’ basandi kitabullah,” jelas Irwan Prayitno.

Pada kesempatan itu juga, Irwan Prayitno yang juga pangulu di nagari pauh nan ,limo Kota Padang ini, memberikan apresiasi begitu banyaknya masyarakat nagari Simawang yang datang menghadiri acara batagak pangulu ini.

”Saya memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh ninik mamak dan masyarakat Simawang yang begitu antusiasnya datang pada acara batagak pangulu kali ini. Ini luar biasa ramainya,” ujar Irwan Prayitno yang sebelumnya memasangkan karih atau keris pada 20 pangulu yang dilewakan gala atau gelarnya. (doni)