Ada Ikan dalam Bambu, Lomba Masak Festival Pasar Rakyat Payakumbuh

Ikan Bambu

Ikan Bambu

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Ternyata, di Payakumbuh ada kuliner unik. Ikan dimasak dalam bambu. Ternyata ikan dalam bambu ini tidak hanya ada di khas Kalimantan atau Sulawesi, tapi juga ada di ranah Minang.

Masakan tradisional ini ditampilkan dalam Lomba Masak Festival Pasar Rakyat Payakumbuh, Sabtu (27/2/2016) di Pasar Ibuah Payakumbuh yang digeber Yayasan Danamon Peduli.

Masakan ikan dalam bambu ini diperagakan peserta, ibu-ibu dari PKK Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Lomba masak ikan yang dibagi dalam dua kriteria peserta; yakni kriteria peserta dari pedagang pasar tradisional Ibuah dan peserta dari ibu-ibu PKK antar kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh.

Ibu-ibu PKK dari Kecamatan Payakumbuh Utara menampilkan masakan singgang ikan bambu. Dari puluhan peserta yang ikut hanya satu kelompok peserta inilah yang menampilkan masakan tradisional.

Menurut peserta Lomba Masak bahan yang digunakan untuk masak masakan ini terdiri dari; ikan gurami, santan, bawang merah, dan bawang putih. Lalu, cabe merah dan cabe hijau, garam, tomat merah, tomat hijau, jeruk nipis, kunyit dan daun kemangi, serta bambu sebagai wadah.

”Selanjutnya bahan–bahan tersebut dicampur, dimasukkan dalam bambu yang sudah dilapisi daun pisang selanjutnya, dikukus hingga matang.

Menurut Ermiyati, salah seorang dewan juri lomba masak ikan, kreatifitas ibu-ibu PKK dari Kecamatan Payakumbuh Utara, yang masak ikan menggunakan wadah bambu ini tidak berisiko terhadap makanan. Bahkan menguntungkan dari segi rasa dan aroma yang dihasilkan.

Ermiyati juga menyatakan ada lima kriteria dalam lomba ini, selain cita rasa, kreatifitas, displai, penyajian, serta kebersihan dan kerapian. Kelezatan dan keunikan masakan singgang ikan bambu, khas daerah Payakumbuh ini, patut juga untuk di coba.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas