Adminduk Segera Finalkan Data DP4, Mediar Indra Temu Alumni

Alumni Fakultas Pertanian Unand Padang. Ir. Mediar Indra, MSi, Dr. H. Husni Kamil Manik Ketua KPU RI, dan Ir. Irman, MSi Dirjen Adminduk Depdagri. Hadir di Rakornas Adminduk di Padang.

Alumni Fakultas Pertanian Unand Padang. Ir. Mediar Indra, MSi, Dr. H. Husni Kamil Manik Ketua KPU RI, dan Ir. Irman, MSi Dirjen Adminduk Depdagri. Hadir di Rakornas Adminduk di Padang.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Dirjen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Depdagri Dr. Ir. Irman MSi menjelaskan kepada seluruh Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan di Sumatera, dalam Rakernas Adminduk di Hotel Inna Muara Padang pekan lalu tentang hasil kesepakatan dengan KPU. Ketua KPU RI Husni Kamil Manik juga hadir.

”Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Irman menyatakan persiapan yang dilakukan oleh Kemendagri sebelum menyerahkan data pemili yaitu mengoreksi Data Agregat Kependudukan Per-Kecamatan (DAK-2) terkait adanya Daerah Otonomi Baru (DOB) pada Pilkada yang akan dihelat Desember mendatang,” ujar Mediar Indra, Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan.

Penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Menteri Dalam Negeri kepada Ketua KPU RI pada Tanggal 17 April 2015, KPU RI akan meneruskan DAK2 kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, Penyerahan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dari Menteri Dalam Negeri kepada Ketua KPU RI pada Tanggal 3 Juni 2015, KPU akan mengolah DP4 dengan memperhatikan data pemilih hasil pemilu terakhir, untuk selanjutnya diteruskan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“DAK-2 kita perlukan ada beberapa DOB yang datanya baru dipisah dari induknya, itu kita clear kan dulu. Kalau DAK2 kan data agregat. Nah, untuk DP4 ya kita rapikan karena kalau datanya yang diserahkan itu data semester II 2014 tertanggal 31 Desember 2014,” ujar Irman.

Irman meminta agar seluruh penduduk yang belum berKTP-El agar segera mengurusnya. Sebab, pemerintah segera memfinalkan DP4 yang akan berguna untuk Pilkada di daerah-daerah.

Pertemuan ini melibatkan seluruh stakeholder catatan sipil dan kependudukan se-Sumatera. Ir Mediar Indra MSi yang Alumni Fakultas Pertanian Unand Padang. Ir. Mediar Indra, MSi bertemu dengan Dr. H. Husni Kamil Manik Ketua KPU RI, dan Ir. Irman, MSi Dirjen Adminduk Depdagri. Hadir di Rakornas Adminduk di Padang.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*