Agam dan Sawahlunto Puji Rumah DataKU Kampung KB Koto Katik

Padangpanjang–Rombongan  dari Kabupaten Agam dan Kota Sawahlunto, memuji rumah Data Kependudukan (DataKU) Kampung KB Koto Katik yang menurut mereka luar biasa. Pujian ini disampaikan saat mereka melakukan studi tiru ke rumah itu Selasa (17/9) pagi dan siang ini.

Rombongan Agam yang dipimpin Kabid KS Dinas Dalduk KB PPPA, Yanuar datang membawa 40-an anggota dari Pokja Kampung KB Madani, Kampung KB Sejahtera, Kampung KB SAS Sehati datang lebih duluan sekitar pukul 10.00 WIB. Rombongan besar ini disambut Kabid PPKB Dinas Sosial PPKB PPPA Padang Panjang, Erma Suryani, Kasi Dalduk, Syamsiar, PKB Pembina wilayah, Maryulis Max, jajaran Kelurahan Koto Katik dan pengurus Pokja Kampung KB serta pengurus Rumah DataKU.

Diakui Yanuar, Rumah DataKU ini termasuk bagus dan patut ditiru. Karena display datanya menarik, pengelolaan kegiatan serta manajemennya memang patut ditiru. “Kami sengaja belajar kemari dan semoga bisa diaplikasikan di daerah kami,” ucap Yanuar.

Hal senada juga diungkapkan, Yufinarti, Kabid Dalduk KB Dinas Kesehatan Dalduk KB Kota Sawahlunto. Datang bersama PKB/PLKB se-Kota Sawahlunto, Yufinarti terang-terangan mengapresiasi Rumah DataKU ini. “Kami ingin memiliki rumah seperti ini,” sebut Yufinarti.

Di mata tamu studi tiru ini, mereka mengacungi jempol untuk Pemko Padang Panjang yang menganggarkan dana APBD untuk kontrak rumah. Anggaran seperti ini, belum ada di kedua daerah tersebut. “Kalau ada dukungan anggaran seperti ini, kami yakin bisa juga punya Rumah DataKU serupa ini,” tutur Reni, PKB Agam.

Sementara, Maryulis Max menjelaskan, rumah DataKU memang sebagian dibiayai APBD khusus untuk kontrak. Sementara untuk kegiatan ada anggaran BOKB dari pusat. “Sedangkan untuk operasional, kami punya kas sendiri yang dikumpulkan dari hasil komitmen bersama kader dan donatur,” beber Maryulis.

Rumah DataKU Kampung KB Koto Katik semakin sering dikunjungi daerah lain untuk studi tiru. Sampai hari ini sudah 10 rombongan yang datang dengan jumlah anggota yang dibawa sudah mencapai 300-an orang. Besok, dijadwalkan akan datang rombongan OPD KB Kabupaten Solok Selatan dengan maksud yang sama, belajar ke Koto Katik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas