Agam Optimis Raih Juara Pertama Penilaian Daerah Minapolitan

 

AGAM, PADANGTODAY.com-Kabupaten Agam masuk dalam tiga besar nominasi Minapolitan dari 130 daerah di Indonesia yang mengembangkan program kawasan Minapolitan. Kabupaten Agam Sumatera Barat bersama Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, serta Kabupaten Kolaka di Sulawesi Tenggara merupakan tiga besar daerah yang masuk dalam penilaian kawasan yang berhasil mengembangkan produksi kelautan melalui Minapolitan.

Menurut Kepala Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam, Ermanto kepada Padangtoday.com mengatakan, bahwa sejak menerapkan program Minapolitan di Agam, produksi ikan terus meningkat, seperti pada tahun 2013 Agam menghasilkan produksi ikan sebanyak 61 ribu ton, hasil tersebut jauh meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya dimana Agam belum menerapkan program Minapolitan yang hanya bisa memproduksi ikan sebanyak 48 ribu ton.

” Dengan program Minapolitan, pengelolaan sektor kelautan dan perikanan mengacu pada sisi pembangunan, sehingga pengembangan sektor kelautan dan perikanan menjadi terarah. selain itu Minapolitan merupakan konsep pembangunan ekonomi yang berbasis kawasan berdasarkan prinsip terintegrasi, efisiensi, berkualitas dan percepatan pembangunan untuk menggenjot pengembangan kawasan ekonomi yang berbasis pada perikanan dan budidaya melalui program Minapolitan” ujar Ermanto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Agam.

Ermanto menambahkan, setelah masuk dalam tiga besar nominasi penilaian Minapolitan, pihaknya optimis mendapatkan juara pertama pada penilaian tersebut. karena sejak adanya Minapolitan, produksi perikanan di Agam menjadi meningkat, serta sinergitas antar lembaga terkait dalam mendukung program ini juga semakin kuat.

” Kita optimis akan mendapatkan juara pertama pada penilaian pengembangan kawasan Minapolitan, karena perubahan yang telah kita rasakan memang jauh berbeda sebelum mengembangkan program tersebut. Karena produksi, pengolahan dan pemasaran telah didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.” tambahnya,

Pihaknya siap untuk menunggu kedatangan tim verifikasi lapangan yang akan melakukan penilaian di Agam pada tanggal 26 dan 27 Oktober nanti, dengan persiapan kelompok dan produksi ikan yang berlimpah.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*