Agam Terapkan Lingkungan Sekolah Tanpa Asap Rokok

 

 

asap-rokok

AGAM, PADANGTODAY.COM -Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, menetapkan lingkungan sekolah sebagai kawasan tanpa asap rokok (zero smoke environment).

Kepala Disdikpora Kabupaten Agam, Fauzir, Jumat (8/8) mengatakan, ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Pendidikan RI dengan No. 0256/MPK.C/MK/2014 tentang Larangan Merokok di Sekolah

“Tujuan utamanya agar lingkungan sekolah bebas dari asap rokok. Dengan suasana belajar yang sehat, secara otomotis siswa akan mudah menerima pelajaran,” ujarnya

Ia menjelaskan, kepada Unit Pelayanan Teknis (UPT) pendidikan TK/SD dan LS, kepala SMP, SMA/SMK se Kabupaten Agam, agar dapat mengikuti larangan tersebut.

“Lingkungan sekolah di Kabupaten Agam diterapkan sebagai kawasan sehat tanpa rokok,” imbuhnya

Untuk itu, pihaknya mengingatkan pihak sekolah agar tidak menjual rokok di kantin, koperasi di lingkungan sekolah, demi mewujudkan generasi emas Indonesia tahun 2045 yang unggul dan berkarakter prima.

Tempat terpisah, Kepala SMA I Tilkam, Edi Rahmana menambahkan, pihaknya telah menerapkan kawasan tanpa asap rokok di sekolahnya dan itu berjalan 2 tahun lalu.

“Ini merupakan upaya mengurangi dampak rokok terhadap gangguan kesehatan bagi para pelajar,” katanya. (can/martunis/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*