Ahok, Miliki Kekuatan Militer

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berfoto dengan Panglima TNI Jenderal Moeldoko seusai memasangkan baret kepada Basuki di markas besar TNI  Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/12/2014).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berfoto dengan Panglima TNI Jenderal Moeldoko seusai memasangkan baret kepada Basuki di markas besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/12/2014).

JAKARTA,PADANGTODAY.com-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki kekuatan militer seusai diberi baret hitam dan disematkan brevet kehormatan mitra ketahanan daerah TNI. Basuki bisa meminta bantuan kepada Pangdam Jaya, khususnya jika terjadi bencana alam.

“Gubernur memiliki kekuatan militer, jadi kekuatan militer ini bukan hanya milik Panglima TNI. Apabila terjadi sesuatu, Gubernur DKI tidak segan meminta bantuan Pangdam Jaya untuk melaksanakan kepentingan rakyat demi kesejahteraan dan keamanan rakyat,” kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko seusai memasangkan baret kepada Basuki, di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/12/2014).

Moeldoko menegaskan, personelnya siap siaga jika Basuki telah memberi instruksi. Keistimewaan ini tidak hanya diberikan untuk Basuki, tetapi juga kepada semua kepala daerah se-Indonesia. Selain itu, baret serta brevet yang diberikan bisa dipergunakan Basuki untuk mengambil alih posisi inspektur upacara militer.

TNI, kata dia, selalu mendukung penuh pembangunan sebuah daerah. Menurut dia, pemerintah daerah dan TNI saling membutuhkan. Saat Indonesia diserang negara luar, pemerintah bersama TNI harus dapat mengamankan sumber daya nasional yang ada.

Sementara itu, sumber daya nasional serta sarana dan prasarana kota berada dalam kewenangan kepala daerah atau gubernur. Gubernurlah yang paling mengetahui kondisi masyarakatnya.

“Perlu sinergitas dan kolaborasi aktif proaktif dalam menjaga sistem pertahanan. Sistem pertahanan ini bisa dibangun bersama-sama gubernur dengan TNI,” kata Moeldoko.(dil/kom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*