Ahok Tidak Mau Bangun Rusunami Ia Ingin Memperbanyak Bangun Rusunawa

Gubernur DKI "Ahok'.

Gubernur DKI “Ahok’.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak mau lagi membangun rumah susun milik (rusunami). Basuki mengatakan, Pemprov DKI ingin lebih memperbanyak bangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Jakarta.

“Sekarang rusunami hanya dibangun oleh PT Perumnas. Kami tidak mau rusunami tapi maunya (bangun) rusunawa. Supaya kami bisa kontrol pemiliknya dan dia tidak bisa over-sewa,” kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (30/4/2015).

Sehingga, lanjut dia, para penghuni rusun adalah orang-orang yang benar-benar terdata tidak memiliki rumah. Targetnya untuk memberi kebutuhan rumah kepada seluruh warga Jakarta pun dapat tercapai.

Pembangunan rusunami, lanjut Basuki, juga menimbulkan banyak masalah. Mulai dari penyewaan ke pihak ketiga hingga dugaan praktek prostitusi. Salah satu contoh rusunami yang salah peruntukan dan menjadi sorotan Basuki adalah Kalibata City.

Menurut dia Kalibata City sudah seperti apartemen dan tidak mendapat pengawasan. Sehingga banyak terjadi kasus penemuan prostitusi di sana. Pihaknya pun sudah melakukan pendataan di sana dan ternyata ditemukan fakta belasan ribu unit rusunami tidak bersubsidi.

“(Unit rusunami) Yang subsidi hanya 6.000-an unit. Makanya saya bilang tidak suka rusunami, karena saya tidak bisa menganggu (mengontrol) mereka lagi. Tapi kalau sewa kan bisa diusir (penghuninya),” kata pria yang biasa disapa Ahok itu.

(ksa/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas