Aina, Tumor Ganas Menyerang Matanya

 

Padang-today.com__Aina Talita Zahran, 3,5 tahun warga Nagari Campago Selatan, Kecamatan V Koto Timur Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumbar menderita penyakit Tumor yang mengakibatkan mata sebelah kiri tidak dapat melihat.

Setiap hari Aina merintis kesakitan dengan penyakit yang ia derita. Ketika anak-anak seumur dia lelap pulas, Aina masih saja bergumam pada ibunya “Mata Aina Perih Mak”.

Aina adalah anak sulung dari keluarga Adi Syahputra dan Zetris Melinda. Dalam kesehariaanya, keluarga itu cukup tabah dan sabar menghadapi derita yang ditanggung anaknya itu.

Saat ditemui di rumahnya, Melinda, ibu Aina tengah mengendong buah hatinya itu.

“Aina tak pernah lelap dengan puas, sebentar-sebentar dia menjerit kesakitan,” sebut Melinda sambil mengusap kepala Aina.

Sembari memberikan keterangan, Ibu muda itu terus saja menenangkan Aina lagi menangis.

Pada mata Aina yang masih utuh, mengalir air mata, rintikan air matanya cepat seperti memohon pada matanya yang sakit itu.

Katanya, berdasarkan diagnosa dokter di RSUP M. Djamil Padang, Aina menderita susp squamous cell carcinoma atau kanker kulit dan Tumor ganas.

“Itulah sakit yang diderita anak pertama kami. Bahkan ia tak boleh kena cahaya matahari. Tubuh dan wajah Aina bintik-bintik hitam akibat kangker kulit,” jelas Melinda.

Pada awalnya, ucap Melinda lagi, anaknya lahir dengan keadaan normal.

“Tak tampak yang ganjal pada Aina. Namun pada umur satu tahun baru tampak apa yang diderita Aina, kulitnya tumbuh bintik hitam,” kata Melinda.

Semenjak itu dokter mengatakan kalau Aina kangker kulit.

Saat dimintai keterangan, Melinda seperti menahan sesak pada nafasnya, sekali-kali dia menghela nafas, menatap terus mata Aina dalam-dalam, “Sayang Amak pada Aina nak,” bisik Melinda.

Ia menambahkan, untuk perawatan anaknya itu, ia harus bolak balik 4 kali seminggu ke RS M Djamil Padang untuk membawa Aina berobat.

Kangker di mata Aina, kata dia, bermula dari bintik hitam di kelopak mata kiri bagian bawah.

“Awal bulan Ramadhan pada 2019, baru saya tahu, Aina mengeluh sakit pada kelopak mata kirinya. Saya bawa ke Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Ia tak pernah menyangka, bintik hitam tersebut akan merengut penglihatan anak kesayangannya.

“Setelah saya bawa ke Puskesmas, dokter suruh membawa Aina ke rumah sakit Aisyah Pariaman. Aina diperiksa oleh spesialis anak,” ujarnya.

Dari keterangan dokter, ia mengetahui bahwa anaknya menderita penyakit kanker dan tersebut.

“Dari rumah sakit RSUD Pariaman itu, Aina dirujuk ke RS M Djamil Padang,” kata dia.

Namun, hingga kini dengan keterbatasan dana yang ia miliki, ia harus meminta uluran tangan dari masyarakat yang peduli dengan nasib anaknya itu.

“Kami hanya hidup dalam keluarga, hanya pas pas an. Artinya, hanya bisa hidup untuk makan demi kelangsungan hidup keluarga,” kata dia.

“Sekarang lihatlah kondisi Aina begini. Kurun waktu, tiga bulan belakangan, tumor ganas pada mata Aina terus membesar. Mata Aina pecah karena tumor itu, dan kami harusembawanya untuk berobat,” ujarnya.

Sekarang Aina rawat jalan di RS M Djamil Padang. Orang tuanya menyebutkan sudah tiga bulan belakangan, empat kali seminggu, bolak balik ke Padang.

“Untuk obat Aina memang ditanggung oleh BPJS, namun ada juga obat yang tidak ditanggung, termasuk biasa bolak-balik ke Padang untuk rawat jalan,” ujarnya.

Keadaan Aina, semestinya sudah harus mendapatkan penanganan medis untuk operasi. Namun belum juga sampai sekarang.

“Namun sampai sekarang belum juga dioperasi, sementara Aina masih saja menangis kesakitan,” ujarnya.

“Saya selalu berjuang untuk kesembuhan anak saya ini. Saya iba pada anak saya, melihat teman seumurnya bermain sambil tertawa, ” ujarnya.

Entahlah apa dikata akan nasib Aina sekarang. Tak henti-henti Aina menangis. Aina tampak seperti hendak menggoreskan jari mungil nya pada tumor yang menggantikan posisi mata kirinya.

“Aina sabar ya nak, Amak dan Ayah sayang sama Aina. Sabar ya nak,” rintihan kedua orang tua itu.

Untuk meringankan beban orang tua Aina, untuk mengobati Aina, silakan bantuan dikirim pada nomor rekening 032101043063504 IKLAS DARMA MULYA. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas