Akhir Tahun Pemerintah Akan Naikan Harga BBM Bawa Rupiah Menguat Hari ini

Rupiah Menguat BBM Naik.

Rupiah Menguat BBM Naik.

Advertisements

PADANGTODAY.com-Laju nilai tukar Rupiah hari ini diprediksi berada di atas level support 12.168. Pelemahan laju Rupiah mulai berkurang dan diharapkan dapat kembali bergerak positif.

“Meski berpotensi menguat namun, tetap mewaspadai masih adanya peluang penurunan lanjutan. Rp 12175-12158 (kurs tengah BI), “ujar Analis Woori Korindo, Reza Priyambada dalam riset hariannya, Jakarta, Kamis (30/10).

Menurut dia, tidak terlalu negatifnya reaksi pasar jelang pertemuan FOMC turut membantu penguatan Rupiah. Meski, di akhir sesi, penguatan yang terjadi tidak terlalu signifikan sehingga masih terlihat lebih rendah dari level sehari sebelumnya. Namun demikian, paling tidak laju pergerakannya tidak terlalu bergejolak.

Di sisi lain, meski belum ada kepastian mengenai besaran dan waktu untuk kenaikan BBM, namun, tampaknya pelaku pasar sedikit merespon positif pernyataan MenKeu baru, Bambang Brodjonegoro, bahwa pemerintah akan menaikan harga BBM sebelum akhir tahun ini.

Pelemahan laju USD membawa berkah bagi pembalikan arah menguat pasar komoditas asia. Kondisi ini tentunya direspon positif pelaku pasar. Meski penurunan USD berimbas pada kenaikan Yen namun, tidak terlalu direspon negatif karena diimbangi oleh rilis kenaikan industrial production Jepang sehingga membuat laju Nikkei dan Topix berbalik positif.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*