Akibat Kelebihan Vitamin E

Vitamin E

Vitamin E

PADANGTODAY.COM– Vitamin E merupakan jenis vitamin yang bisa larut dalam lemak. Vitamin ini bisa ditemukan dalam banyak makanan termasuk minyak sayur, sereal, daging unggas, telur, buah-buahan, sayuran, dan minyak gandum. Namun ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik lho!

Kebanyakan orang tidak mengalami efek samping saat mengambil dosis harian yang direkomendasikan, yaitu 15 mg. Tetapi seperti dilansir WebMD, konsumsi Vitamin E dalam dosis tinggi bisa tidak aman.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi Vitamin E dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko kematian dan menyebabkan efek samping serius lainnya.

Bahkan, ada beberapa kekhawatiran yang menunjukkan bahwa Vitamin E dapat meningkatkan risiko stroke yang serius, yang disebut stroke hemoragik (pendarahan ke otak).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi Vitamin E dalam dosis 300-800 IU setiap hari dapat meningkatkan risiko stroke hingga 22 persen.

Konsumsi Vitamin E dalam dosis tinggi juga dapat menyebabkan mual, diare, kram perut, kelelahan, lemas, sakit kepala, penglihatan kabur, ruam, memar dan pendarahan.

(des/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*