Akses Pengunjung Buka Tutup, Kuliner Sepuluh Nagari Diminati, Sanggar Seni Intan Bakarang Tampil Apik Di Pasar Ekraf

Payakumbuh – Gelaran Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) 2020 di Kawasan Batang Agam, Agam Jua Art and Culture Cafe pada hari keenam kembali menghadirkan berbagai makanan tradisional 10 nagari di Payakumbuh dan pertunjukan seni tradisional kepada pengunjung iven tersebut, yang dimulai pada sore hari pukul 16.00, Jumat (20/11).

Pengunjung yang datang karena dibatasi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 itu memang harus bersabar menunggu giliran masuk ke dalam lokasi acara karena panitia melakukan akses buka tutup bagi pengujung, sesuai Perda AKB Nomor 6 Tahun 2020, dimana acara keramaian tidak boleh jumlah keramaian lebih dari 50 persen kapasitas ruang kegiatan berlangsung.

Sekretaris Bundo Kanduang KAN Koto Panjang Lamposi Tigo Nagori, Rita Wati mengatakan mereka membawa kuliner sebanyak 200 bungkus sagun tumbuak, itu adalah makanan tradisional dari nagari mereka.

“Kami difasilitasi dengan pemesanan kuliner oleh panitia selama acara digelar, menunya kita yang menentukan sesuai kuliner daerah masing-masing. Dampaknya acara ini untuk nagari kami membangkitkan makanan tradisional, ada usaha membudayakan kuliner lokal ke generasi muda bahwasanya kalau di nagari kita ini ada makanan khas,” ujarnya.

Bundo Kanduang KAN Koto Nan Godang Ibu Ija menyebut menu mereka lain lagi, yaitu bubur hitam sebanyak 200 bungkus, sementara Bundo Kanduang Nagari Aua Kuniang membawa menu kuliner Kolak Pisang Bata.

Direktur Sanggar Seni Intan Bakarang asal Sungai Durian Latina Yopi Arisandi menampilkan kesenian tradisional seperti tari pasambahan, tari payuang, tari indang, tari piriang, pertunjukan musik Sinona, Ayam Den Lapeh, dan Mudiak Arau.

“Kita sangat bangga bisa menampilkan adik-adik sanggar yang selama ini sudah jenuh berkegiatan di sanggar dan di rumah, dengan tampil pada iven ini, mereka bisa show off dan unjuk kebolehan, sanggar kami pun mendapatkan income dengan menjadi penampil,” kata Yopi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*