Alek Pacu Jawi Luak Limopuluah Kembali Digelar di Tiakar Payobasuang

Pacu Jawi Payakumbuh

Pacu Jawi Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Ratusan sapi pacu dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, kembali mengikuti Alek Nagari Pacu Jawi yang diselenggarakan oleh Anak Nagari Tiakar Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Selasa (24/2) lalu.

Pacu jawi yang merupakan agenda tahunan dalam menyambut musim tanam tersebut, digelar pada areal persawahan antara perbatasan Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota di Bagian Timur. Ketua Pelaksana Pacu Jawi Ishardi Jamnur mengungkapkan, Pacu Jawi kali ini diikuti oleh 180 sapi selama 2 hari berturut-turut.

”Pacu jawi kali ini, cukup meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, sapi yang bepacu jauh lebih banyak dari penyelenggaraan sebelumnya,” ungkap Ishardi Jamhur.

Ishardi yang juga ketua LPM Kelurahan Tiakar Payobasung mengatakan, ajang pacu jawi tak ubah seperti ajang pacu kuda. Setiap sapi yang berpacu dikendalikan oleh seorang joki yang sudah terlatih. Begitu juga, terdapat belasan sapi setiap racenya.

”Terdapat 14 race dalam sehari. Satu race, diikuti 8 hingga 12 sapi. Pacu jawi ini tak ubah seperti pacu kuda. Tetapi penyelenggaraannya dilakukan didalam sawah yang akan ditanami padi,”ungkapnya. Selama penyelenggaraan pacu jawi, ditonton ribuan masyarakat dari berbagai daerah.

Pacu Jawi selaku alek anak nagari Luak Limopuluah ini kembali digelar 2 dan 3 Maret,” katanya.(mnc)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*