Alex Honnold Taklukkan Rute Pendakian El Sendero Luminoso, Tanpa Menggunakan Tali Eengaman

Pendaki AS Alex Honnold Taklukkan Rute El Sendero Luminoso .

Pendaki AS Alex Honnold Taklukkan Rute El Sendero Luminoso .

PADANGTODAY.com – Alex Honnold merupakan penjelajah asal Amerika Serikat pertama berhasil menaklukkan rute pendakian El Sendero Luminoso, tanpa menggunakan tali pengaman. Ia berhasil menaklukkan tantangan rute setinggi 762 meter ini.

Rute pendakian ini termasuk salah satu yang tersulit di dunia. Namun, Honnold bisa menaklukkan pendakian jalur tebing berbatu di Meksiko ini tak sampai tiga jam.

Aksi pendakian pria 29 tahun ini direkam dan di unggah ke situs Youtube. Dalam video yang membuat napas seakan berhenti ini, dapat dimaklumi bagaimana ketegangan yang di rasakan Honnold.

“Hal ini benar-benar mengerikan. Namun saya tetap bertekad dan berusaha menaklukkan pendakian ini. Saya melihat jika saya mungkin dapat menaklukkan pendakian ini. Dan nyatanya saya berhasil,” ujar Honnold, seperti yang dilansir dari surat kabar Daily Mail, Rabu (26/11).

Bagi Honnold yang hanya ditemani seorang kawan, mendaki tebing ini berarti harus menghadapi bebatuan-bebatuan yang membentang di segala sisi, dan berusaha tidak kehilangan pijakan.

“Saya berusaha mendaki tanpa tali. Hal tersebut sempat membuat saya sangat takut,” kata Honnold.

Teman Honnold, Cedar, berbagi cerita mengenai pengalamannya terlibat dalam pendakian nekat tersebut. Dia coba mengamankan jalur tebing tersebut untuk Honnold, namun hanya sebagian saja yang ia dapat dia bersihkan dari rintangan.

“Saya hanya membersihkan kerikil-kerikil yang ada. Semua yang terlihat sangat kotor dan berbahaya. Saya hanya ingin teman saya tetap hidup. Makanya saya membantu sebisa saya,” tukas Cedar.

Walaupun pendakian yang dilakukan Honnold berbahaya, namun ia tetap gigih melakukannya. Honnold sendiri terkenal sebagai satu-satunya pendaki ‘Tiga Mahkota Yosemite’ tanpa menggunakan tali. Artinya, dia berhasil mendaki Gunung El Capitan, Sierra Nevada, dan Half Dome di Kawasan Yosemite, California, tanpa pengaman.(dil/mail)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*