Alex Indra Lukman Kembali Pimpin PDIP Sumbar, Aribus Madri Kembali Ketua PDI P Payakumbuh

H Muslim Kasim dan Maruarar Sirait

H Muslim Kasim dan Maruarar Sirait

Advertisements
Maruarar Sirait, Muslim Kasim dan Alex Indra Lukman

Maruarar Sirait, Muslim Kasim dan Alex Indra Lukman

H Muslim Kasim siriah pinang pembuka Konferda PDI P Sumbar

H Muslim Kasim siriah pinang pembuka Konferda PDI P Sumbar

Ketua PDI P Payakumbuh Aribus Madri

Ketua PDI P Payakumbuh Aribus Madri

Padang, PADANGTODAY.com-Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat Alex Indra Lukman kembali terpilih pada Konferensi Daerah (Konferda) IV, Rabu (11/3). Filosofi musyawarah-mufakat yang jadi nilai-nilai luhur masyarakat Minangkabau melalui peran ”tigo tungku sajarangan” itu, diaplikasikan partai nasionalis ini tanpa gejolak berarti.

”Tak semua pemilihan harus diselesaikan secara voting-votingan. PDI Perjuangan Sumatera Barat membuktikan, memilih pengurus partai itu bisa dilaksanakan dengan bermusyawarah. Ini budaya dan tradisi berpolitik yang akan terus diperjuangkan dalam memilih pemimpin internal partai,” terang Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar Alex Indra Lukman, usai konferda.

Konferda yang dihadiri Wakil Gubernur Sumbar, H Muslim Kasim dan Politisi PDIP, Muarara Sirait ini, serta mantan Walikota Padang H Fauzi Bahar, Walikota Payakumbuh H Riza Falepi, serta kepala daerah dan tokoh lainnya, juga dihadiri lebih dari 1.000 kader. 700 orang kader diantaranya merupakan pemilik suara hak pilih.

Sementara, calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang yang diusulkan dari 19 kabupaten/kota di Sumbar itu, sebanyak 95 orang. Figur calon ketua ini, dihasilkan melalui musyawarah Pimpinan Anak Cabang yang merekomendasikan sejumlah nama yang akan dipilih jadi ketua cabang (tingkat kabupaten/kota).

Ujian itu, terang Alex Indra Lukman terdiri dari uji kompetensi yang terdiri dari pemahamahan terhadap ideologi, tentang kepartaian serta penyampaian visi-misi saat jadi ketua nanti. Kemudian, mengikuti psikotest, guna mengidentifikasi jiwa kepemimpinan terhadap figur calon ketua itu.

”Nama-nama yang telah mengikuti serangkaian ujian secara terpusat di Padang inilah, kemudian dikerucutkan jadi tiga nama, yang kemudian dipilih secara musyawarah mufakat pada Muscab kemarin. Tiga nama itu dipastikan akan jadi pengurus, namun tidak mesti jadi KSB (ketua, sekretaris, bendahara),” ungkap anggota DPR RI Dapil Sumbar I itu.

Payakumbuh

Khusus untuk Kota Payakumbuh, telah dihasilkan keputusan kembali DPC PDI Perjuangan dipimpin oleh Aribus Madri. Aribus, yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Payakumbuh itu mengaku bahagia dan bangga, dirinya kembali terpilih menjadi Ketua DPC Kota Payakumbuh yang memang telah diperjuangkannya bersama seluruh kader PDI Perjuangan di Payakumbuh.

”Hasil penilaian dari DPD PDI Perjuangan Sumbar akhirnya kembali meluluskan kami, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Payakumbuh. Sistem pemilihan yang khas di PDI Perjuangan ini, menjadi jembatan terbaik bagi aspirasi di level mulai dari masyarakat partai terbawah. Insya Allah, saya akan kembali bekerja dengan memaksimalkan potensi partai demi kemaslahatan masyarakat di Payakumbuh,” kata Aribus Madri seusai dilantik di Padang.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*