Alhamdulillah, UNP Menjadi Kampus Berpredikat Sangat Baik Nasional, BAN-PT Nyatakan Akreditasi A

BAN-PTPadang, PADANG-TODAY.com-Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyatakan Universitas Negeri Padang (UNP) peringkat akreditasi institusinya A pada tanggal 27 Desember 2016 dengan daluarwarsanya 27 Desember 2021.

Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D mengatakan akreditasi itu telah lama ditunggu-tunggu, guna terus mendongkrak pelayanan dan pengabdian masyarakat serta penelitian.

“Kita akan beruapaya keras mewujudkan visi dan misi UNP menjadi salah satu universitas unggul di kawasan Asia Tenggara di bidang ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, dan seni pada tahun 2020 berdasarkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Rektor UNP, Ganefri disela-sela pelantikan pejabat selingkungan UNP, di GOR UNP Jumat (30/12).

Ganefri menjelaskan berdasarkan surat BAN-PT 2989/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016, akreditasi perguruan yang dipimpinnya, yang dulunya bernama IKIP Padang itu berakreditasi A. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan penilaian dan peringkat akreditasi terhadap UNP.

BAN-PT memutuskan bahwa UNP peringkat A (sangat baik). Status akreditasi berlaku selama 5 tahun sejak diturunkan SK. Selain akreditasi institusi, akreditasi juga diberikan kepada program studi fakultas di berbagai jurusan.

Di sisi lain, akreditasi institusi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen lembaga terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan pelayanan.

Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar sejawat dan/atau pakar yang memahami penyelenggaraan program manajerial perguruan tinggi.

Ganefri menuturkan keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat.

Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi program studi.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas