Ali Hasan: 13 Kelompok Informasi Masyarakat Siap Kuasai Informasi

Ali Hasan

Ali Hasan

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-5 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Limapuluh Kota di 2015 ini menerima satu unit komputer dan 1 unit printer dari Dinas Perhubungan komunikasi dan Informatika, masing-masingnya. Seperangkat peralatan konputer tersebut akan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Limapuluh Kota pada acara Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Senin (31/8) di Shago Bungsu, Tanjung Pati. Kabid Kominfo Ali Hasan Ssos menyampaikan hal ini, sehari sebelumnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bantuan komputer dan printer ini bertujuan membantu KIM untuk mempercepat masyarakat informasi, memberdayakan anggota kelompok di masing-masing kecamatan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses diseminasi informasi melalui kelompok di Limapuluh Kota.

Jumlah kelompok informasi masyarakat (KIM) di Limapuluh Kota hari ini tercatat sebanyak 260 orang. Terdiri dari 13 kelompok di 13 kecamatan. Kelompok ini bergerak di berbagai sektor.

”Diantaranya usaha kecil dan menengah serta perdagangan. Informasi dari masing-masing kelompok inilah yang dikembangkan melalui Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau dunia maya,” alas Ali Hasan.

KIM Limapuluh Kota telah difasilitasi sejak tahun 2012 lalu sehingga sampai saat ini telah dibantu komputer dan printer sebanyak 13 kelompok. Tinggal lagi, bagaimana memberdayakan KIM sesuai kebutuhan kelompok tersebut.

Dari beberapa kelompok yang sudah sering dikunjungi diantaranya kelompok Tujuh Koto di Kecamatan Guguak. Bahkan, di Guguak program Nagari Cyber diresmikan oleh Gubernur Sumbar sebagai Nagari Cyber tingkat provinsi Sumatera Barat.

”Disamping itu, ada beberapa kelompok yang menjadi binaan BUMN. Sehingga, sangat membantu ekonomi kelompok. Untuk itu pembinaan terhadap teknologi informasi komunikasi (TIK) bagi seluruh kelompok di Limapuluh Kota merupakan upaya mewujudkan masyarakat informasi Limapuluh Kota,” ungkap Ali Hasan.

Pemberdayaan kelompok informasi masyarakat (KIM) tersebut dengan peserta ketua kelompok, sekretaris dan bendahara kelompok serta Wali Nagari. Narasumber dari Garuda cabang Padang serta Dinas Perhubungan Kominfo provinsi Sumbar.(dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas