Ali Mukhni: Berikan Dana Bantuan Yang Berasal Dari APBD Sah Saja Sesuai Dengan Payung Hukum

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan pemkab dalam menyalurkan dana bantuan yang bersumber dari APBD kepada wadah-wadah organisasi dalam daerahnya sepanjang ada aturan dan payung hukumnya jelas sah-sah saja. Namun, sepanjang tidak ada tentu pemkab tidak dapat menyalurkan, karena penganggaran APBD harus jelas payung hukumnya.

“Artinya, permintaan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Padangpariaman agar ada bantuan dana operasional dari APBD saya sebagai kepala daerah siap saja sepanjang ada payung hukum dan aturan yang jelas,” kata H Ali Mukhni saat pelantikan FKPM Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, di INS Kecamatan 2×11 Kayutanam, kemarin.

Apalagi katanya, kegunaan dana tersebut jelas yakni membasmi berbagai jenis penyakit masyarakat. Sebab, membasmi berbagai jenis penyakit masyarakat ( pekat ) dalam daerah ini membutuhkan kerja sama semua lini. Untuk itu kemintraan Polisi bersama masyarakat sangat menentukan dalam membasmi pekat tersebut.

Untuk itu katanya, kemitraan polisi bersama masyarakat yang telah terjalin sekarang harus terus menerus ditingkatkan agar Padangpariaman selalu dalam kondisi aman dan terkendali. Apalagi sekarang setiap nagari di Kabupaten Padangpariaman telah ada FKPM. “Saya berprinsip setuju untuk penganggaran FKPM tersebut,” ujarnya.

Sebab katanya, dalam evaluasi APBD Padangpariaman tahun 2015 oleh Kementrian Dalam Negeri semua bantuan sosial ( bansos ) dilarang keras. Jadi, Pemkab Padangpariaman dalam persoalan bansos ini tidak dapat berbuat apa-apa, karena dilarang dari pemerintah pusat. Namun, sepanjang ada aturan Pemkab Padangpariaman selalu siap.

Meski begitu katanya, FKPM diminta berkerja maksimal dalam menjaga situasi kamtibmas dalam daerah ini bersama jajaran kepolisian. Sebab, FKPM adalah mitranya Polri ditengah-tengah masyarakat. Dirinya sangat yakin dan percaya, kalau FKPM dan Polri telah sejalan wilayah Padangpariaman akan selalu aman dan terkendali.

Kemudian lagi katanya, kalau aman tentu masyarakat Padangpariaman akan lancar melaksanakan aktifitasnya. Baik dalam menjalankan roda perekonomian maupun pelaksanaan berbagai program daerah di Kabupaten Padangpariaman. Sebab, Pemkab Padangpariaman memiliki visi dan misi menjadikan daerah unggul segala bidang pembangunan.

Sementara itu, Ketua FKPM Padangpariaman Aljulfi menyatakan ke depan FKPM akan ditingkatkan sampai ke tingkat korong, sebab sekarang masih sampai ke tingkat nagari seluruh Kabupaten Padangpariaman. “Semua itu penting agar situasi kamtibmas dalam wilayah hukum Polres Padangpariaman ini selalu aman dan terkendali,” ujarnya.

Selanjutnya, dirinya sebagai ketua mengharapkan perhatian dari Pemkab Padangpariaman kepada FKPM. Salah satu pemberian dana bantuan dari APBD. Semua itu perlu agar pelaksanaan kinerja FKPM sampai ke tingkat nagari sekarang berjalan semakin maksimal. Meski sekarang ada larangan, tentu akan ada jalan untuk itu.

“Kita di FKPM sangat membutuhkan bantuan dana operasional. Sebab, semenjak berdiri dua tahun yang lalu dana operasional FKPM ini masih swasdaya dari pengurus. Apalagi kita akan membuat program untuk kemajuan FKPM ini sampai ke tingkat nagari, seperti pelatihan-pelatihan hukum kepada pengurus,” ungkapnya.

Sebab katanya, pengurus FKPM harus mengerti tentang persoalan hukum. Sehingga mereka para pengurus FKPM akan mengetahui berbagai persoalan yang bertentangan dengan hukumnya. Nanti FKPM yang akan saling menyampaikan kepada masyarakat. Sehingga semua masyarakat Padangpariaman mengerti dengan hukum yang ada di negara ini.

“Kalau ada persoalan yang muncul ditengah-tengah masyarakat dan masih dapat diselesaikan pada tingkat FKPM tentu tidak perlu sampai ke jenjang institusi Polri. Berdasarkan hal itulah saya mengharapkan ada perhatian dari Pemkab agar semua pengurus FKPM se Padangpariaman memahami berbagai peraturan hukum tersebut,” tandasnya.

Sedangkan Kapolres Padangpariaman AKBP Rudy Yulianto SIk menyatakan, diirnya sangat bersyukur ada FKPM di wilayah hukumnya. Sebab, saat ini sangat sulit mencari masyarakat yang perduli dengan situasi kamtibmas dalam wilayah ini. “Kita sangat berterima kasih kepada semua FKPM di daerah ini, karena telah bermitra dengan polisi selama ini,” ujarnya.

Katanya, dirinya sangat yakin dan percaya, kalau masyarakat telah bermitra dengan Polri tentu berbagai jenis pekat dan kasus narkoba dapat ditekan. Sebab, peredaran narkoba di daerah ini semakin mengkwatirkan. “Perlu kerja sama semua lini dalam membasmi berbagai jenis narkoba di daerah ini,” tambah Rudy Yulianto mengakhiri. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas